Kamis, 28 Maret 2024

Komentar Kadisbudpar Kota Batam terkait Tumpukan Sampah Plastik di Pulau Putri

Berita Terkait

batampos.co.id – Banyaknya tumpukan sampah plastik di destinasi wisata, salah satunya di Pulau Putri, Nongsa, Kota Batam, sangat disayangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata.

Ardiwinata pun mengimbau agar masyarakat atau pengunjung untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di lokasi wisata.

”Ayo jaga Batam, Batam milik kita,” katanya, Selasa (9/7/2019).

“Jangan buang sampah sembarangan karena salah satu konsep sapta pesona pariwisata adalah penanganan sampah,” imbau Ardi lagi.

Dia mengatakan, di setiap lokasi wisata, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam sudah menyiapkan beberapa bak sampah.

Pulau Putri yang menjadi salah satu objek wisata andalan Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Pemko Batam diminta untuk memperhatikan kebersihan di Pulau Putri karena saat ini banyak sampah plastik yang mengelilingi pulau tersebut. Foto: Dokumentasi Batam Pos

Karena itu, ia meminta kepada pengunjung atau masyarakat setempat untuk sama-sama menjaga dan membuang sampah pada tempatnya.

”Sapta pesona sendiri adalah sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat, sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata,” jelasnya.

Rencananya, untuk penanganan sampah laut, dinasnya akan mengusulkan mobil pembersih sampah pantai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

”Tapi sampah laut itu kadang adalah sampah buangan, apalagi saat air pasang surut itu berpengaruh,” tutupnya.(une)

Update