batampos.co.id – Riuh menyambut pesta demokrasi memilih kandidat yang akan muncul sebagai calon bupati dan wakil bupati Natuna pada pemilu kepala daerah 2020 mulai ramai. Seperti apa kriteria calon pemimpin Natuna ke depan yang didambakan masyarakat Natuna dengan berbagai dilema yang ada saat ini?

Akademisi di Natuna, Umar Natuna, menilai, pemimpin Natuna pada 2020 mendatang harus memiliki kriteria tertentu. Di antaranya yang punya kapasitas, visioner, dan berkomitmen tinggi menuju Natuna baru.

Umar mengatakan, pemimpin Natuna 2020 mendatang juga harus memiliki kapasitas intelektual, sosial, entrepreneur dan spritual. Pemimpin yang lebih fresh, muda, profesional dan bebas dari masalah masa lalu.

Kampung nelayan di Segeram, Natuna, salah satu kampung masyarakat tertinggal yang mengharapkan perhatian lebih dari pemerintah.
foto: batampos.co.id / Aulia Rahman

”Bahkan pemimpin Natuna harus punya pandangan dan wawasan lintas generasi dan lintas negara, karena Natuna berada di perbatasan,” kata Umar, dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna tersebut, Selasa (9/7/2019).

Selain itu, sambung Umar, komitmen tinggi ini adalah pemimpin yang fokus, berjibaku dan loyal akan janji dan perubahan yang akan membawa Natuna mandiri, cerdas, dan berkeadaban.

“Komitmen tinggi ini masih kurang jika dilihat dari pemimpin Natuna selama ini. Kenapa, karena banyak godaan,” ucapnya.

Umar Natuna juga menyinggung hasil pembangunan Natuna selama 20 tahun waktu berjalan. Menurutnya, di segi infrastruktur sudah mendingan. Namun kenyataannya, di sektor ekonomi rakyat terpuruk. (arn)