batampos.co.id – Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang bertajuk ATB-BP Batam Festival Hijau, merupakan bagian dari komitmen ATB untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Menjadi agenda rutin tahunan sejak 2011 silam, Festival Hijau selalu dirangkai dengan beragam kegiatan yang melibatkan masyarakat di Batam.



”Tahun ini (2019) ATB-BP Batam Festival Hijau juga digelar selama dua hari, yakni Sabtu (27/7) dan Minggu (28/7),” kata Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan, kegiatan hari pertama akan diisi dengan kegiatan edukatif bersama para pelajar melalui lomba-lomba dan sesi interaktif.

Sedangkan di hari kedua menjadi aksi peduli lingkungan dengan mengajak para peserta untuk bersepeda sekaligus menanam dan melihat kondisi hutan yang patut menjadi perhatian saat ini.

”Hari pertama itu akan berpusat di Kepri Mall, sementara hari kedua berpusat di Hutan Dam Seiharapan dan kembali ditutup di Kepri Mall,” ujar Maria.

Lebih rinci, pihaknya telah menyiapkan beragam ajang perlombaan untuk berbagai kategori pelajar, mulai dari TK hingga SMA sederajat, juga mahasiswa.

Lomba itu, yakni lomba mewarnai kategori TK-SD, solo vocal kategori SD-SMP, modern dance kategori SMA/SMK, kreasi jingle kategori SMA/SMK, serta fotografi kategori SMA/SMK dan mahasiswa.

Masing-masing lomba tentunya punya kriteria dan ketentuan yang harus dipenuhi peserta.

Suasana lomba mewarnai kegiatan ATB-BP Batam Festival Hijau 2018 lalu. Tahun ini, kegiatan serupa kembali digelar dengan menyajikan beragam lomba yang lebih semarak dari sebelumnya. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Seperti lomba mewarnai untuk TK A dan TK B, serta untuk SD kelas 1-3 wajib membawa perlengkapan sendiri, dengan durasi mewarnai 90 menit, bertemakan Aku Cinta Lingkungan Hijau.

Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran hanya Rp 50 ribu, sudah mendapatkan goodie bag (suvenir menarik). Lomba perorangan lainnya adalah solo vocal dan fotografi.

Tiap peserta juga diwajibkan membawa atau memakai properti sendiri, memilih 1 dinatara 5 lagu yang disiapkan (solo vocal), serta menyerahkan 2 foto landscape orisinil yang belum pernah dilombakan bertema lingkungan dan air (fotografi).

”Sedangkan untuk lomba modern dance bertemakan lingkungan dan kreasi jingle dengan musik jingle ATB, menjadi lomba per tim maksimal 15 orang yang dapat menampilkan kreasinya selama 10 menit, dan dibolehkan membawa properti masing-masing,” terang Maria.

Ia menjelaskan, kegiatan lomba tersebut menjadi penyemarak event Festival Hijau yang memang rutin digelar setiap tahunnya.

Bahkan, kegiatan lomba dalam sehari penuh itu juga diselingi dengan penampilan hiburan nan edukatif guna dinikmati para peserta maupun orangtua dan pengunjung mal.

”Nanti juga ada bazar produk, pameran reptil, edukasi hemat air, tarian dan drama teatrikal lingkungan hidup, storytelling, dan banyak lagi,” paparnya.

Lain dari peserta lomba, juga ada peserta sepeda santai untuk mengisi kegiatan di hari kedua, Minggu (28/7).

Dengan pendaftaran Rp 75 ribu, peserta sepeda santai ini mendapatkan 1 bibit pohon (terbatas), 1 lembar kaos, snack dan minuman, serta 1 lembar kupon lucky draw yang akan diundi saat penutupan kegiatan di Kepri Mall.

”Tentunya ada banyak hadiah yang sudah disiapkan,” lanjut Maria memastikan.

ATB-BP Batam Festival Hijau yang kembali bekerja sama dengan media harian pagi Batam Pos, sudah membuka pendaftaran peserta untuk lomba maupun peserta sepeda santai.

Pendaftaran di buka di Kantor Batam Pos, Graha Pena lantai 2 Batam Center, atau dapat menghubungi panitia di nomor +62 822 8375 6046 (Monica) dan +62 821 7272 2127 (Vina).

”Mari bersama-sama bergabung dengan Festival Hijau, untuk mendukung kehidupan lingkungan kita yang lebih baik. Kalau tidak di mulai dari kita, siapa lagi,” ajak Maria.(nji)

Loading...