batampos.co.id – Sebanyak 450 jemaah calon haji (JCH) Kloter 9 Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau, berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Sabtu (13/7).

JCH yang berangkat kemarin dari beberapa daerah di Riau seperti Kabupaten Pelalawan 273 orang, Kampar ada 168 orang.

Secara umum para JCH, menurut dokter dari Kloter 9 EHA Yudi Susanto dalam kondisi sehat dan siap diberangkatkan.

”Terdapat 369 JCH yang dikategorikan berisiko tinggi dan lanjut usia dalam hal kesehatannya. Sementara JCH yang menggunakan alat bantu kursi roda ada 9 JCH,” terangnya.

Sementara bidang kesehatan PPIH Embarkasi Haji Batam, dokter Agung Sundaru mengingatkan ke petugas kesehatan kloter 9 agar selalu mengimbau para JCH tentang pentingnya penggunaan alat pelindung diri yakni perlengkapan jemaah selama di Tanah Suci seperti masker, water spray, topi, kacamata hitam, dan alas kaki berupa sandal.

”Risiko JCH terserang mimisan atau dehidrasi di Tanah Suci sangat besar, mengingat kelembabap udara yang ke-ring dan panas yang menye-ngat. Itu yang harus diwaspadai. Perbanyak minum air mineral di sana dan usahakan kurangi kegiatan di luar ruangan,” ujarnya.

Kloter 9 BTH terbang dari Bandara Hang Nadim, Batam, menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdu Aziz, Madinah pukul 09.54 WIB. Diperkirakan pesawat akan sampai di Madinah pada Sabtu (13/7) pukul 14.35 waktu setempat.

Pelepasan JCH Kloter 9 dilakukan Bupati Pelalawan M Harris, Wakil Bupati Pelalawan Zardewa, serta Wakil Ketua DPRD Pelalawan, serta unsur pejabat Kampar lainnya. (ska)