batampos.co.id – Pengurus Taekwondo Kharisma Bangsa melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di DC Mall Batam, Minggu (14/72019). Kegiatan itu juga bertujuan untuk mencari bibt-bibit atlet taekwondoin yang dapat mengharumkan nama Kota Batam maupun Indonesia.

Lebih dari 200 taekwondoin diuji kemampuannya, mulai dari sabuk putih hingga merah strip.

Ujian diikuti dari berbagai tempat latihan seperti Dojang Citra Mas, Dojang Harapan Utama, Dojang Tunas Bangsa, Dojang Kharisma, Dojang Theodore, Dojang Avava, Dojang Bengkong Laut dan Dojang Laksamana Cheng Ho.

Kemudian Dojang Sunrise, Dojang Cahaya Garden, Dojang UIB, Dojang Club House Anggrek Mas 3, Dojang Harbour Bay Mall, Dojang Kepri Mall dan Dojang Hanin Taekwondo Centre yang terletak di gedung LAM Batamcentre dan Dojang DC Mall.

Khalid (kanan) salah seorang taekwondoin cilik dari Dojang Kharisma Bangsa saat mengikuti ujian kenaikan tingkat di DC Mall, Minggu (14/7/2019). Foto: Iman Wachyudi

Master Siauw Lung Wu, salah satu penguji, mengatakan, pada UKT itu, ujian kenaikan tingkat bukan hanya sekadar ujian.

Dari ujian itu diharapkan lahir bibit-bibit atlet potensial yang kelak bisa dibina untuk menjadi atlet andalan. Sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Selain itu katanya, dengan UKT diharapkan dapat meningkatkan pengalaman dan kemampuan para taekwondoin agar bisa bersaing di kejuaraan-kejuaraan yang lebih besar lagi.

“Untuk mengukur kemampuan para atlet apakah sudah siap atau belum untuk naik ke jenjang berikutnya,” kata Siauw Lung Wu.

Sementara itu, salah satu penguji gerak pada UKT ini, Sabeum Soewito Trikusuman, mengatakan, UKT sengaja mereka lakukan agar materi atau ilmu yang telah ditempuh selama masa berlatih dapat diukur dari para taekwondoin Kharisma Bangsa.

“Untuk tahap ujiannya itu ada dasar-dasar tendangan, pukulan, tangkisan juga rangkaian jurus kibon dan taegeuk 1 sampai 8,” ujarnya.

“Perkelahian (kyorugi), ketahanan fisik dan pemecahan benda keras (kyukpa),” kata Soewito lagi.(iwa)

Loading...