batampos.co.id– SMKN 5, Kelurahan Sei Pelunggut , Sagulung Turut bangga. Sebab salah satu siswa terbaiknya berhasil menjuarai Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Nasional pada 7 hingga 13 Juli 2019 lalu di Yogyakarta.

Kepala sekolah SMKN 5, Agus Sahrir menjelaskan LKS ini pertama dimulai pada tingkat kota, dimana dicari juara untuk mewakili tingkat Provinsi. Salah satu siswa kita Kevin Timotius keluar sebagai juara dan mewakili hingga tingkat nasional.

“Ikut bersaing diantara seluruh perwakilan dari setiap Provinsi di Indonesia. Alhamdulilah SMKN5 juara 1 dibidang IT network administrasi,”kata Agus, di ruang kerjanya, Senin (15/7).

Kevin Timotius Sirait siswa kelas 12 SMKN 5 mengatakan perjalanan menjadi juara nasional tidaklah berjalanan mulus. Banyak rintangan yang dilalui seperti misal uji materi lomba atau modul yang berubah dan ditambah lagi disetiap ajang lomba mulai dari tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional.

Untuk lomba tingakat Kota dan Provinsi terdapat dua modul yang diuji, lalu ditingkat Nasional ada empat modul, yakni linux, cisco firing troubleshooting, windows server. Dari keempat modul tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

“Untuk proses belajarnya sebagian secara otodidak menggunakan media yang ada di youtube lalu diterapkan dan dilatih terus,” ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada anak-anak SMK lainnya khususnya dilingkup sekolahnya.

“Bahwa semakin hari teknologi semakin maju jadi otomatis buat kita siswa SMK yang siap kerja harus selalu update dengan perkembangan teknologi,”ujarnya.

Ia pun berharap bisa melanjutkan ke bangku kuliah dan bercita cita sebagai engineer.

“Sudah merencakan kedepannya akan kuliah untuk mengambil jurusan Teknik informatika demi mengasah kemampuan dan keterampilannya,”pungkasnya.

Sagit aditya, pembimbing lomba munuturkan awalnya saya sudah menseleksi siswa dari kelas 10. Karena siswa yang berprestasi dari SMP, dan melihat potensi dari nilai tertiggi Kevin dari tingkat SMP. Selain itu dilihat dari kegigihan dalam belajar soal modul LKS.

“Sudah ada gambaran, dan kasih motivasi dan mengajak latihan modul LKS tingkat nasional yang dipelajari secara konsisten,”kata Sagit aditya pembimbing. (cr1)