batampos.co.id – Mei 2019 menjadi bulan dengan tingkat konsumsi energi tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau. Salah satunya gas LPG 3 kilogram.

Branch Marketing Manager Pertamina Wilayah Kepri, Oos Kosasih, menuturkan, konsumsi gas lpg 3 kg, pada hari biasanya sebanyak 35 sampai 36 ribu tabung setiap harinya.

Namun pada Mei lalu mengalami kenaikan menjadi 38.500 tabung setiap harinya selama empat hari.

“Sejauh ini tidak ada operasi pasar, itu artinya penyaluran LPG cukup baik,” kata Kosasih.

Kota Batam lanjutnya penyaluran 36 ribu tabung LPG dilakukan dengan sistem rayonisasi.

Pada Mei 2019 llau Pertamina menyalurkan sekitar 38.500 LPG 3 kilogram ke seluruh wilayah di Provinsi Kepri. Konsumsi terbesar di Kota Batam. Dokumentasi: batampos.co.id

Di mana Pertamina menunjuk satu atau dua agen di masing-masing kecamatan. Setidaknya ada 11 agen yang akan membantu untuk menyalurkan LPG 3 Kg ini ke masyarakat.

Dengan sistem rayonisasi ini, sistem pengawasan atau kontrol terhadap penyaluran tabung gas LPG, bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Ketika ada informasi kelangkaan di satu lokasi, maka bisa langsung dilakukan pengecekan di agen yang ada di kecamatan tersebut.

Hal itu dikarenakan pada Mei 2019 bertepatan dengan momen puasa dan lebaran, dimana aktivitas masyarakat mengalami peningkatan.

Oos Kosasih, menuturkan, pada Mei lalu terjadi peningkatan suplai semua jenis produk energi. Baik itu BBM maupun penyaluran gas lpg 3 kilogram kepada masyarakat.

Data konsumsi BBM jenis solar di Kota Batam pada Juni lalu tercatat sebanyak 112 kiloliter per hari, lebih rendah jika dibandingkan pada Mei sebanyak 126 kliliter per hari.

Hal serupa berlaku untuk BBM jenis premium dimana pada Mei lalu konsumsi premium sebesar 542 kiloliter per hari, pada bula Juni mengalami penurunan menjadi hanya 480 kiloliter per hari.(bbi)