batampos.co.id – Festival Hijau yang menjadi agenda rutin tahunan PT Adhya Tirta Batam (ATB) bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan turut mengajak masyarakat untuk sehat dengan bersepeda. Aksi sepeda santai itu dirangkai dengan penanaman bibit pohon yang digelar, Minggu (28/7) mendatang.

Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus mengatakan, kegiatan bersepeda selalu dirangkai dengan Festival Hijau guna menumbuh-kan rasa kepedulian dan kecintaan para peserta dengan kondisi alam Batam.

”Selain menyehatkan, para peserta dapat melihat langsung kondisi alam sekitar, khususnya kondisi hutan di daerah tangkapan air (DTA) yang membutuhkan perhatian bersama,” ujar Maria, Kamis (19/7).

Rute yang ditempuh tak selalu sama di setiap tahunnya. Dimana tahun sebelumnya (2018) rute ditujukan ke Seiladi, sedangkan tahun ini akan dipusatkan di Seiharapan.

Presiden Direktur ATB Benny Adrianto (tengah ) melepas acara Festival Hijau yang diselenggarakan ATB bersama BP Batam, dan Batam Pos, tahun lalu. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Dam Seiharapan adalah waduk pertama yang kini dalam kondisi cukup parah sebagai DTA. Melalui aksi bersepeda ini, peserta bisa mengetahui kondisi nyatanya seperti apa, dan ikut menanam langsung bibit pohon yang disediakan. Dengan harapan, kegiatan ini dapat menumbuhkan kepeduliaan terhadap lingkungan tersebut,” ungkapnya.

Secara rinci, kegiatan bersepeda akan start dari Kepri Mall pukul 08.00 WIB. Dipan-du para marshal, peserta dibawa melewati rute Adhya Building, Simpang Jam, tanjakan Hotel Vista, Pasar Cipta Puri, simpang Seiharapan, kemudian menuju WTP Seiharapan dan dilanjutkan ke area penanaman pohon. Panitia juga menyediakan unit ambulance untuk mengantisipasi peserta yang mengalami masalah kesehatan.

Kegiatan kembali berakhir di Kepri Mall, dengan rute tempuh yang diperkirakan mencapai 25 kilometer (pulang-pergi). Menariknya, peserta juga berkesempatan membawa pulang ratusan item hadiah yang disediakan panitia melalui pengundian di akhir kegiatan. Dalam kegiatan ini, panitia menyediakan ratusan item hadiah doorprize, seperti sepeda, kulkas, tv dan doordprize lainnya.

ATB-BP Batam Festival Hijau yang kembali bekerja sama dengan media harian pagi Batam Pos sudah membuka pendaftaran peserta untuk sepeda santai dengan biaya pendaftaran Rp 75 ribu.

Biaya itu termasuk jersey berkualitas premium, bibit pohon (terbatas), snack, minuman, dan kupon berhadiah.

Pendaftaran di buka di Kantor Batam Pos, Graha Pena lantai 2 Batam Center, atau dapat menghubungi panitia di nomor +62 822 8375 6046 (Monica) dan +62 821 7272 2127 (Vina). (nji)