batampos.co.id – Sebanyak 50 personel Polda Jawa Timur masuk kategori obesitas. Mereka pun dipaksan untuk menjalani program pelangsingan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto selama 12 hari.

Mereka akan menjalani aneka program diet dan olahraga. Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, menyatakan, program tersebut berjalan mulai 15 hingga 26 Juli 2019 mendatang.

Kata dia, personel yang ikut program tersebut merupakan rekomendasi setiap divisi di polda.

“Di setiap divisi pasti ada personel yang kelebihan berat badan,” katanya, Jumat (19/7/2019).

“Ini bagian dari program untuk menyiapkan personel yang lebih sigap,” katanya lagi.

Ilustrasi

Selain itu para personel kepolisian tersebut juga mendapat materi psikologi. Suasananya dibuat menyenangkan. Sebagai bagian dari pembinaan personel.

“Mereka dilatih di sana selama dua pekan, meski tidak turun terlalu banyak, ada perubahan dari pola makan,” ujarnya.

Kabidhumas Polda Jatim, Kombes, Frans Barung Mangera, menerangkan, dalam pelatihan itu para personel yang kelebihan berat badan diajak senam, renang, berlari mengenakan jaket parasut.

Serta jalan pagi di dataran tinggi. Diharapkan, para anggota akan terus menerapkan materi yang didapat meski training berakhir. Supaya berat badan ideal segera tercapai.

“Itu yang dilatih beratnya lebih dari 100 kilogram. Makanya, mereka tidak ideal untuk ukuran tubuh personel kepolisian,” ujarnya.(jpg/uma)

Loading...