batampos.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar peringatan Hari Donor Darah se-Dunia sekaligus Hari Anak Nasional 2019 di Atrium Kepri Mall, Jumat (19/7/2019).

Acara itu dihadiri oleh Ketua Umum PMI Batam, Sri Sudarsono. Dalam sambutannya, Sri mengatakan acara itu digelar selama tiga hari yang diisi dengan beragam kegiatan dan perlombaan. Salah satunya, adalah cerdas cermat untuk siswa sekolah.

“Kita juga adakan pameran foto. Puncaknya nanti hari Minggu ada jalan sehat donor darah, diperkirakan 3.000 orang mengikuti kegiatan ini,” ujar Sri.

Dia mengatakan, peringatan Hari Donor Darah se-Dunia dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan darah yang aman.

“Momen ini juga kita sosialisasi dan ajak anak-anak untuk mengetahui pentingnya donor darah,” katanya.

Ketua Panitia kegiatan yang juga Kepala Unit Darah PMI Batam, dr Novi, mengatakan, sesuai dengan tema yakni bakti PMI dan K3S Batam untuk negeri dalam kemanusiaan dan generasi muda, pihaknya sengaja menggelar kegiatan itu bergabung dengan Hari Anak Nasional.

Pengunjung Kepri Mall melihat pameran foto PMI Kota Batam di Kepri Mall, Jumat (19/7/2019). Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Karena anak-anak adalah generasi dan bibit baru. Maka dari itu, harapan dengan bergabung dengan hari anak kita bisa sosialisasikan dan diberikan pendidikan tentang donor darah,” jelasnya.

PMI sendiri mengapresiasi masyarakat yang rutin mendonorkan darah mereka. Dengan memberikan penghargaan dan juga hadiah cincin emas.

Mereka yang mendapatkan hadiah tersebut sudah mendonorkan darah mereka mulai 10 kali hingga 75 kali.

Serta mereka yang sudah 100 kali mendorokan darah mendapatkan kesempatan mengikuti doorprise umrah gratis ke tanah suci.

“Tahun lalu ada tiga orang yang kita berangkatkan ke Jakarta untuk mengambil cincin emas,” ungkapnya.

Terkait stok darah di Batam, Novi mengaku sampai saat ini stok darah di Batam masih aman.

“Berbeda kalau saat puasa atau Lebaran itu agak kurang karena sepi. Saat puasa orang takut mendonorkan darahnya,” ucapnya.(une)

Loading...