batampos.co.id – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional kota Batam kembali meroket. Para pedagangng menjual cabai merah besar di kisaran Rp 95 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram (kg). Harga ini naik signifikan dibanding sebelumnya yang hanya Rp 70 ribu per kg.

Rohman, salah satu pedagang di Pasar Toss 3000 mengakui harga cabai semua jenis varian mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan harga sudah terasa sejak sepekan yang lalu.

“Biasanya cabai merah besar masih 70 ribu sekilo. Sekarang naik hingga Rp 85 ribu per kg,” kata Roman, Minggu (21/7/2019).

Hal senada juga diakui Hendra pedagang cabai di Pasar Mega Legenda, Amir. Diakuinya cabai merah dan rawit merah dijual hingga dengan Rp 100 ribu per kg. Kenaikan harga juga terjadi untuk cabai lainnya, yakni cabai rawit hijau serta cabai merah keriting yang dijual Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per kg.

“Cabai rawit hijau dan cabai merah keriting Rp 90 per kg,” katanya.

Meroketnya harga cabai ini tentu saja sangat disesalkan masyarakat. Apalagi cabai merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dibeli masyarakat.

Harga cabai merah di Kota Batam masih tinggi.
Foto: Rani/ batampos.co.id

Ani warga Victoria mengaku kenaikan cabai ini sangat memberatkan warga. “Sudah beberapa hari Tak berani beli dalam jumlah banyak. Harganya ngeri,” katanya.

Ibu dua anak itu berharap pemerintah mampu mengontrol harga cabai. Apalagi sekarang anak sekolah akan masuk sekolah, sehingga kebutuhan akan semakin banyak.

“Kemarin telur, sekarang cabai. Kalau semuanya naik kami mau makan pakai apa. Sedikit-sedikit di pedagang ngomong pokoknya naik,” sesal Anita.

Naiknya harga cabai juga sama hasil survey harga yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Batam. Dari empat pasar yang dirilis disperindag diketahui harga cabai berkisar di angka Rp 85 ribu hingga Rp 90 ribu per kg.

Di Pasar Toss 3000 misalnya, dari rilis disperindag harga cabai merah keriting Rp 75 ribu dan cabai merah besar Rp 85 ribu per kg.

Di Pasar Cahaya Garden Cabai merah Rp 90 ribu per kgnya.

Sementara itu untuk cabai rawit merah di Pasar Cahaya Garden dan Mega Legenda dijual di harga Rp 100 ribu per kg.

“Survey harga kami lakukan dua kali sepekan di pasar berbeda. Tujuannya untuk mengontrol harga dan ketersedian stok di pasar,” ujar Kabid Perdagangan Disperindag Batam Adisthy. (rng)