batampos.co.id – Rombongan mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) berkunjung ke kantor redaksi Batam Pos, Sabtu (20/7/2019) pagi. Kedatangan rombongan mahasiswa UIB ini untuk me-ngetahui lebih dalam menge-nai pembuatan berita di Batam Pos.

Selain itu, kedatangannya ke Batam Pos ingin menunjukkan kepada empat mahasiswa dari Taichung National University Saint and Technology yang belajar Bahasa Indonesia di UIB tentang bahasa ala jurnalis di Batam Pos.

Keempat mahasiswa asal Taiwan yang didampingi beberapa perwakilan dari UIB, diterima langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Batam Pos Yusuf Hidayat di ruang redaksi lantai 2 Graha Pena.

Keempat mahasiswa asal Taiwan sendiri antusias mendengarkan penjelasan terkait yang ditanyakan mengenai penggunaan Bahasa Indonesia dalam jurnalistik.

Wapemred Batam Pos R Yusuf Hidayat foto bersama dengan mahasiswa UIB dan empat mahasiswa dari Taiwan saat berkunjung ke redaksi Batam Pos, Sabtu (20/7).

Pertemuan sendiri berjalan santai diselingi beberapa pertanyaan yang dilontarkan keempat mahasiswa asal Taiwan dalam bahasa mereka. Kemudian pertanyaan itu diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh pendamping dari UIB.

”Batam Pos sendiri penggunaan bahasa dalam koran atau dalam hasil liputannya yang dituangkan ke dalam produk jurnalistik, koran cetak berpatokan pada Bahasa Indonesia yang baku menga-cu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),” ujar Yusuf.

Satu per satu mahasiswa asal Taiwan juga bertanya menge-nai perubahan bahasa di Batam Pos dihubungkan dengan perkembangan zaman dan perubahan yang begitu cepat, termasuk pengaruh medsos.

”Itu tugas kami wartawan di Batam Pos, meluruskan bahasa. Misalnya saja bahasa yang tak baku, itu nantinya akan kami luruskan atau penulisannya kami berikan penandaan yang khusus seperti dimiringkan tulisannya,” terangnya.

Perwakilan dari international office UIB, Rahmi Ayunda mengatakan, kedata-ngannya ke Batam Pos ingin mengenalkan keempat mahasiswa asal Taiwan yang belajar Bahasa Indonesia di UIB untuk mengetahui seper-ti apa proses pembuatan berita hingga cetak. (gas)

Loading...