batampos.co.id – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kepri terpilih menjadi tuan rumah debat calon ketua umum (Caketum) Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi periode 2019-2022 di Auditorium Uniba, Sabtu (20/7). Sebelum debat dilaksanakan, digelar kuliah umum dan seminar nasional yang mendatangkan tiga pembicara dari kalangan dunia usaha di Indonesia.

Mengangkat tema ’Ayo jadi Pengusaha’, Hipmi Kepri mendatangkan pengusaha besar asal Tanahbumbu, Kalimantan Selatan Mardani H Ma-ming, yang juga ikut menjadi satu di antara 12 caketum BPP Hipmi periode 2019-2022. Pria kelahiran 1981 itu tercatat menjadi CEO untuk 55 perusahaan yang menaungi sekitar 5.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Hal ini menjadi daya tarik bagi para peserta yang didominasi mahasiswa tersebut. Dalam pemaparannya, ia lebih banyak berkisah tentang pengalaman pribadi baik dari saat duduk di bangku pendidikan, terjun dalam dunia politik, hingga membangkitkan usaha orangtuanya yang bangkrut.

”Saya besar dari daerah kecil, tetapi punya semangat dan kemauan yang besar,” ujar Mardani.

Mardani H Maming, pengusaha asal Kalimantan Selatan memberikan pemaparan dalam kuliah umum dan seminar nasional bersama Hipmi di Auditorium Uniba, Sabtu (20/7). Dirut Batam Pos Candra Ibrahim dan Hardi S Hood juga turut sebagai pembicara.
foto: batampos.co.id / Febby Anggieta Pratiwi

Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan selama dua periode itu meyakinkan para peserta bahwa untuk menjadi pengusaha tidak harus berbicara modal baru bisa bergerak.

”Modal (uang) bukan hal utama untuk menjadi pengusaha, tapi ke-mauan, semangat yang mendorong untuk berpikir maju,” terangnya.

Ia menyebutkan, usia muda adalah waktu emas untuk menjadi pengusaha.

”Selain semangat yang masih menya-la-nyala, kesempatan untuk bangkit dan bangkit lagi semakin panjang. Apalagi zaman yang didukung teknologi sekarang ini, menjadi jalan lebar untuk para pemuda mengembangkan kemampuannya menciptakan ide-ide baru menjadi pengusaha,” ucap Mardani.

Guna lebih memotivasi, Mardani pun menyiapkan modal berupa uang tunai senilai Rp 5 juta, untuk masing-masing peserta yang mengajukan pertanyaan. ”Semoga para peserta di sini tak ada yang ragu untuk menjadi pengusaha, dan bergabung de-ngan Hipmi,” ungkapnya.

Senada dengan pembicara lainnya yakni, senior Hipmi DR.H.Hardi Selamat Hood dan Direktur Utama Batam Pos Candra Ibrahim. ”Bermimpilah jadi pengusaha sejak muda, karena semakin banyak pengusaha muda yang lahir dan berkembang maka semakin maju bangsa ini,” ungkap Candra. (nji)

Loading...