Jumat, 29 Maret 2024

5 Cara Mengetahui Susu Murni

Berita Terkait

Dikutip dari Kelompok Studi Profesi Ternak Perah (KSPTP), maka karakteristik susu asli dapat dilihat dari rasa, tekstur, warna, aroma dan kebersihannya. Bagaimana cara mengenalinya?

Ilustrasi

Simak penjelasan berikut ini:

1. Rasa

Susu murni yang baik tidak terasa manis bahkan memiliki rasa sedikit asin atau                creamy. Walaupun sudah dicampur dengan perasa lain seperti pemanis, biasanya rasa      asin tetap terasa.

2. Tekstur

Tekstur yang dimiliki susu murni seharusnya tidak menggumpal walaupun sedikit              kental. Jika susu sebelum diminum memiliki gumpalan atau bulir-bulir, susu tersebut        sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

3. Warna

Susu murni seharusnya berwarna putih. Namun, jika setelah dicampur dengan air,            warnanya berubah menjadi agak kebiruan jangan khawatir karena secara kimiawi            berarti susu murni tersebut berkualitas baik.

4. Aroma

Bau yang dimiliki susu murni yang baik adalah aroma creamy yang khas. Maka ketika      bau sudah sedikit masam lebih baik jangan dikonsumsi karena menandakan susu              tersebut sudah tidak layak.

5. Kebersihan

Walaupun belum dicampur bahan kimiawi, susu murni harus tetap bersih. Pastikan           ketika membelinya sudah tidak terdapat kotoran fisik seperti darah atau bulu.                   (esy/jpnn)

Update