batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, pemerintahan desa sangat diharapkan terus berinovasi agar menjadi desa maju, mandiri, dan sejatera.

”Kepala desa, BPD, pendamping desa dan tim pendamping inovasi desa diharapkan dappat mewujudkan desa maju, mandiri, dan sejahtra,” kata Ngesti dalam kegiatan Inovasi Desa Cluster I di Gedung Sri Serindit, Ranai, Sabtu (20/7/2019).

Menurut Ngesti, desa tidak hanya membangun dari dana desa dan alokasi dana desa. Namun dapat bersumber dari pendapatan desa. Sehingga perlu menggali sumber daya alam di desa.

Wakil
Bupati natuna Ngesti Yuni Suprapti memukul gong saat membuka kegiatan inovasi desa di Gedung Sri Serindit, Natuna, Sabtu (20/7).

”Misalnya jika ada sumber daya alamnya di sektor pariwisata, maka tentu perlu pengembangan supaya terciptanya eko wisata. Sama halnya punya potensi perkebunan,” sebut Ngesti.

Kadis DMPD Anrizal Zen menambahkan, desa sudah diwajibkan untuk terus berinovasi untuk mewujudkan Desa yang maju, mandiri dan sejahtera. Keberhasilan Desa adalah wajah dari kabupaten.

Desa di Natuna hingga saat ini terus didorong melalui dana desa maupun dana alokasi desa yang bersumber dari APBD. Kucuran dana tersebut dapat mengembangkan sektor potensi sumber daya alam yang nantinya berimbas pada pendapatan asli desa.

”Majunya desa di Natuna, maka kabupaten akan maju. Desa ikut menentukan kemajuan daerah. Sangat diharapkan terus berinovasi untuk kemajuan,” ujarnya. (arn)