batampos.co.id – Gowes Mania Kopkar PLN yang disingkat Gempar, menjadi salah satu komunitas yang dipastikan bergabung menjadi peserta sepeda santai ATB-BP Batam Festival Hijau, Minggu (28/7) mendatang.

Ketua Gempar Sukartono mengatakan, kegiatan festival hijau menjadi agenda rutin yang wajib diikuti. ”Terbentuknya memang baru setahun belakangan, tetapi untuk para anggota adalah mereka yang juga sudah rutin ikut dalam festival hijau sebelum-sebelumnya,” ujar Tono, panggilannya, Senin (22/7).

Menurutnya, dalam aksi yang dirangkai di festival hijau mengajarkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, yang berimbas untuk kebaikan bersama.

”Gelaran ini (festival hijau, red) sangat menarik. Kita jadi tahu bagaimana kondisi alam sekitar saat ini yang berdampak pada ketersediaan air, dimana air sebagai sumber kehidupan makhluk hidup. Jika tidak dijaga bersama, kekeringanpun tak dapat dihindari. Itu tentu tidak di-inginkan,” ungkapnya.

Ia mengimbau agar para anggota Gempar tak melewatkan kesempatan ini, terkecuali jika ada hal yang lebih penting diutamakan.

”Lebih dari 50 persen anggota Gempar sudah mendaftar. Semoga semuanya bisa ikut. Kita gemparkan Festival Hijau 2019, dengan ikut bersepeda bersama dalam kegiatan tersebut,” ucap Tono.

Kegiatan sepeda santai ATB-BP Batam Festival Hijau, tahun 2018. Tahun 2019 ATB kembali mengundang para pesepeda Batam untuk turut berbartisipasi menanam pohon di Waduk Sei Harapan, sekaligus melihat kondisi waduk dan daerah tangkapan air pasca kekeringan. Foto: Dokumentasi Humas PT ATB.

Kegiatan bersepeda dalam festival hijau menjadi rangkaian rutin yang digelar setiap tahunnya, terhitung sejak 2011 lalu. Aksi tersebut dilakukan dengan melewati rute tujuan waduk yang sedang menjadi perhatian karena kondisi waduk yang mengkhawatirkan. Peserta juga diajak ikut mena-nam pohon untuk menyelamatkan kondisi hutan untuk memaksimalkan resapan air. Tahun ini, kegiatan itu berpusat di Dam Seiharapan.

Dengan Rp 75 ribu, masing-masing peserta sepeda mendapatkan jersey dengan kualitas premium, snack, minuman, dan kupon undian berhadiah untuk membawa pulang beragam hadiah yang disediakan panitia.

Informasi dan pendaftaran dapat dilakukan ke Kantor Batam Pos lantai 2 Graha Pena Batam, atau dapat menghubungi panitia di nomor +62 822 8375 6046 (Monica) dan +62 821 7272 2127 (Vina). (nji)

Loading...