batampos.co.id – Membludaknya jumlah siswa di SMP Negeri 11 Kota Batam, membuat para pengajar pintar melihat sistuasi. Terlebih jika siswa terlihat kegerahan saat belajar di dalam ruangan.

Guru Bimbingan Konseling Kelas VIII, SMP Negeri 11, Zamzamir, mengatakan, salah satu siasat yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan menyediakan empat unit kipas angin di masing-masing kelas.

“Kadang kalau terlalu gerah, siswa akan diajak belajar di luar, biar ada rasa kenyaman dan pelajaran mudah ditangkap,” jelasnya kepada batampos.co.id, Selasa (23/7/2019).

Kondisi kelas VII di SMP Negeri 11 Kota Batam. Para siswa harus berdesak-desakan karena dalam satu kelas diisi 44 orang siswa. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

Menurutnya, melakukan kegiatan belajar-mengajar di luar ruangan kelas merupakan solusi lain agar siswanya betah mengikuti setiap mata pelajaran.

Nurliana Mente selaku Wakil Kurikulum SMP Negeri 11 Kota Batam, menjelaskan, total jumlah siswa untuk kelas VII mencapai 394 siswa.

Terdiri dari 9 ruang kelas dari total 32 lokal yang ada. Untuk mensiasati kepadatan siswa,  pihak sekolah mengubah laboratorium komputer menjadi ruang kelas untuk sementara waktu.

Pihak SMP Negeri 11 Kota Batam terus mencari solusi yang tepat agar proses belajar mengajar berjalan efektif.(cr1)