Kamis, 25 April 2024

Siswa Baru Membludak, SMAN 5 Tampung 40 Siswa per Kelas

Berita Terkait

batampos.co.idPenerimaan peserta didik baru (PPDB) telah usai. Berbagai persoalan yang muncul selama PPDB berlangsung dan hingga kini belum semua teratasi.

Salah satunya mengenai jumlah siswa dalam satu kelas. Sebab hampir semua sekolah negeri menampung lebih dari 36 orang perkelas atau rombongan belajar.

Seperti di SMA Negeri 5 Batam, satu kelas harus ditempati 40 siswa. Itu karena siswa baru yang ditampung selama PPDB mencapai 480 orang. Lokal yang tersedia hanya 12 sehingga perlokal dibagi rata menjadi 40 siswa.

“Hari ini pembagian kelas, satu kelas 40 siswa. Lokal kita sebenarnya kurang cuma kebetulan ada ruangan lab dan ruang bacaan perpus kita manfaatkan untuk ruangan belajar sementaram,” ujar Kepala SMA Negeri 5 Batam, Bahtiar, Selasa (23/7/2019).

Kata dia, total ruangan belajar untuk siswa baru mencapai 12 lokal. Menurutnya, jumlah siswa baru tahun ini sedikit lebih banyak dari tahun sebelumnya. Sebab tahun sebelumnya tidak semua lokal diisi hingga 40 siswa.

Kepala SMAN 5 Batam, Bahtiar, mengobrol dengan siswa baru di sekolahnya. Foto: Eja/batampos.co.id

“Tahun lalu 12 lokal juga, cuma kelas IPA tetap 36 orang,” jelasnya.

“Tahun ini tak bisa lagi karena memang jumlah siswa baru lebih banyak, semua lokal sama ratakan 40 orang,” tutur Bahtiar lagi.

Meski jumlah siswa perkelas melampaui daya tampung ideal yakni 36 orang, Bahtiar memastikan proses belajar mengajar tetap berjalan sebagai mana mestinya.

SMA Negeri 5 Batam lanjutnya, tidak menerapkan sistem belajar double shift dikarenakan ruang belajar siswa masih mencukupi.

“Usahakan tetap normal, tahun-tahun sebelumnya sudah pernah kok seperti ini, kita optimis saja,” ujarnya.

Terkait bantuan operasional sekolah (BOS), Bahtiar, mengaku tidak begitu khawatir. Karena kebijakan penambahan jumlah siswa perkelas bukan kebijakan sepihak sekolah tapi dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

“Tetap (ada BOS) itu karena Disdik Kepri punya pertimbangan sendiri tentunya,” paparnya.

“Nanti bisa direkomendasikan (persoalan daya tampung yang menjadi persyaratan penerimaan BOS) ke pusat, ini untuk kebaikan bersama,” ujarnya lagi.

Sementara itu salah seorang siswa baru di SMA Negeri 5 Batam, Nisa, mengatakan hari ini mereka baru dalam tahapan pembagian kelas.

“Belum tahu gimana rasanya, minggu kemarin kami MOS dan hari ini baru pembagian kelas jadi belum tahu lagi situasinya seperti apa,” paparnya.(eja)

Update