Kamis, 25 April 2024

KGB: Wajib Ikut Festival Hijau

Berita Terkait

batampos.co.id – Peserta fun bike ATB-BP Batam Festival Hijau 2019 terus bertambah. Kemet Gowes Brotherhood (KGB) juga tak ketinggalan untuk mendaftar.

Ketua KGB Hadi Sofyan me-ngatakan, sejak terbentuk 2015 silam, komunitas KGB tak pernah alpa mengikuti perhelatan Festival Hijau. ”Sudah masuk agenda tahunan, wajib ikut Festival Hijau,” ujar Hadi, Selasa (23/7).

Ia menjelaskan, komunitas tersebut terbentuk dari berbagai level karyawan PT Kemet Electronics Indonesia, yang punya hobi bersepeda. Selain untuk mewujudkan sehat dengan rutin berolahraga (sepeda), komunitas ini juga ditujukan untuk menjalin keakraban sesama karyawan maupun dengan komunitas sepeda lainnya.

”Latihan rutin digelar setiap minggunya, dan setiap ada event gowes diusahakan untuk tetap ikut seperti Festival Hijau,” terangnya.

Senior Engineer PT Kemet itu mengungkapkan, keterlibatan KGB dalam Festival Hijau merupakan bentuk kontribusi perusahaan untuk ikut memberi perhatian ke lingkungan Batam. Menurutnya, area resapan air (hutan) yang mulai berkurang akibat ulah manusia baik disengaja maupun tidak, harus kembali menjadi perhatian bersama.

”Hutan harus diselamatkan, karena sangat berpengaruh bagi masyarakat Batam dalam ketersediaan air baku, mengingat Batam hanya bergantung dengan curah hujan yang ditampung dalam lima waduk,” jelas Hadi.

Melalui Festival Hijau, aksi menyelamatkan hutan itu dapat diwujudkan yang mengajak masyarakat ikut menanam pohon di hutan yang sebagai daerah tangkapan air, dan mengalami kerusakan cukup parah.

”Menariknya, setiap tahun peserta fun bike diajak ke lokasi waduk berbeda-beda, sehingga kita bisa mengetahui persis bagaimana kondisi alam sekitar saat ini,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan Festival Hijau semakin banyak mendorong semangat masyarakat di Batam untuk sama-sama menjaga dan merawat lingkungan. ”Semoga pesertanya terus bertambah,” tutup Hadi. (nji)

Update