Kamis, 25 April 2024

Singapura Gagalkan Penyelundupan 8 Ton Gading

Berita Terkait

batampos.co.id – Barang-barang ini nyaris saja lolos dari pemeriksaan aparat Singapura. Tak main-main. Jumlahnya gila-gilaan, 8,8 ton gading gajah plus sekumpulan kantong besar berisi sisik tenggiling. Aparat mencatat, upaya penyelundupan itu adalah yang terbesar yang pernah digagalkan Negeri Singa tersebut.

Barang terlarang itu datang dari Kongo dan akan dikirim ke Vietnam. Semuanya ditemukan pada sebuah kontainer berisi kayu yang juga akan menuju Vietnam.

Dewan Taman Nasional, Bea Cukai dan Imigrasi, serta bagian Pos Pemeriksaan menyatakan gading itu berasal dari sekitar 300 ekor gajah Afrika. Nilainya sekitar 12,9 juta dolar Singapura atau sekitar Rp 132 miliar.

Sementara itu, sisik seberat 11,9 ton berasal dari sekitar 2.000 ekor tenggiling. Nilainya bisa mencapai 35,7 juta dolar Singapura atau Rp 366 miliar. Aparat menyatakan barang sitaan itu segera dimusnahkan.

Tenggiling termasuk spesies mamalia yang terancam punah. Mereka diburu. Dagingnya dimakan dan sisiknya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, sedangkan gading gajah diolah menjadi barang antik atau perhiasan eksotis.

Penyeludupan skala besar tersebut terjadi sejak 1989. Karena itu, populasi gajah anjlok. Dari jutaan ekor pada pertengahan abad ke-20 menjadi sekitar 600 ribu ekor pada akhir 1980-an. (joe/c25/dos)

Update