Jumat, 29 Maret 2024

Kemasan Baru ATB-BP BATAM Festival Hijau 2019, Lebih Seru

Berita Terkait

Dam Sei Harapan memiliki panjang 250m, tinggi 17m dan lebar 9m dengan luas daerah tangkapan air mencapai 993,02 hektare, luas permukaan 87,64 hektare, luas genangan 75 hektare serta kemampuan abstraksi air baku mencapai 210 lps.

Sejak awal pembangunannya, Dam Sei Harapan salah satu waduk andalan di kota Batam. Tahun 1978, wilayah Sekupang dan sekitarnya merupakan pusat pemerintahan dan pengembangan pemukiman oleh Otorita Batam yang kini berubah jadi BP Batam.

Krisis air bersih sudah dua kali melanda Dam Sei Harapan. El Nino di 2015 dan kekeringan akibat kemarau panjang disertai sedimentasi parah tahun ini, membuat pelanggan yang disuplai dari Dam Sei Harapan harus mengalami penggiliran air bersih.

Kondisi daerah tangkapan air yang memprihatinkan di sekitar dam tersebut, menjadi pertimbangan utama ATB memusatkan kegiatan penanaman pohon di hutan Dam Sei Harapan.

Upaya konservasi lingkungan dan sumber daya air tidak hanya sebatas menggalakkan gerakan menanam pohon saja. ATB bersama BP Batam dan Komunitas Budaya Mangrove mencanangkan program ATB-BP Batam Festival Hijau yang berbeda dari sebelumnya. Tahun ini, bibit pohon yang telah ditanam di hutan sekitar Dam Duriangkang dan Dam Sei Harapan akan mendapatkan perawatan pasca tanam sebagai langkah reforestasi yang berkelanjutan.

Pasca penanaman saat ATB-BP Batam Festival Hijau yang akan digelar 27-28 Juli 2019 nanti, akan dirawat setidaknya hingga satu tahun ke depan untuk memastikan bibit pohon tumbuh dengan baik sehingga upaya konservasi lingkungan dan air lebih efektif.

ATB BP Batam Festival Hijau akan digelar 27-28 Juli 2019, ATB mengemas kegiatan festival hijau lebih menarik dan edukatif, kemasan baru yang lebih seru.

ATB juga mengemas acara Festival Hijau menjadi lebih menarik dan edukatif. Tidak hanya sebagai sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan saja. Namun ATB-BP Batam Festival Hijau 2019 merambah hingga ke aspek kesehatan dan pendidikan.

Bertempat di Atrium Kepri Mall, Sabtu (27/7), masyarakat akan disuguhkan dengan beragam lomba seperti Lomba Mewarnai Kategori TK-SD, Lomba Modern Dance Kategori SMA/SMK, Lomba Solo Vokal Kategori SMP/SMA/SMK, Lomba Kreasi Jingle Kategori SMA/SMK dan Lomba Fotografi Kategori SMA/SMK/Mahasiswa.

ATB juga akan menghadirkan sesuatu yang berbeda. Tahun ini, akan ada program ATB Bercerita yang akan mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya konservasi lingkungan dengan mendongeng. ATB berharap para orangtua dapat mengajak anak-anak mereka untuk mengikuti kegiatan ATB-BP Batam Festival Hijau 2019, karena kesadaran untuk menghemat air harus ditanamkan sejak kecil demi masa depan generasi mendatang.

Helatan ATB-BP Batam Festival Hijau tahun ini akan dipenuhi kegiatan menarik yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satunya adalah talkshow Kopi Benny yang menghadirkan Presiden Direktur PT Adhya Tirta Batam (ATB), Benny Andrianto sebagai narasumber.

Talkshow Kopi Benny akan mengangkat tema ‘Strategic Management for Corporate: From Limitation To Be a Champion’. Benny akan berbagi pengalamannya mengelola perusahaan air bersih terbaik di Indonesia ini secara terbuka.

“Ini merupakan kesempatan yang langka. Peserta bisa sharing langsung pengalaman pak Benny selama mengelola perusahaan sekaliber ATB,” ujar Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus.

Talkshow Kopi Benny akan berlangsung Sabtu (27/7) pukul 13.00 WIB di Atrium Kepri Mall. Dosen Pasca Sarjana Universitas Batam (Uniba), Dr Gita Indrawan didaulat untuk memandu talkshow tersebut.

ATB mengundang seluruh praktisi manajemen, mahasiswa S1 manajemen serta program pasca sarjana manajemen dari sejumlah kampus terkemuka di Batam untuk hadir dalam program tersebut. Talkshow yang dikemas interaktif nantinya akan melahirkan diskusi yang hangat antara narasumber dan peserta.

“Kami mengemas kegiatan ini dalam diskusi dua arah yang dipandu oleh moderator. Sehingga, peserta bisa menggali lebih dalam manajemen dari seorang Benny Andrianto secara kontekstual,” paparnya.

Sementara, pada Minggu (28/7) yang merupakan hari kedua kegiatan ATB-BP Batam Festival Hijau akan diisi dengan kegiatan senam Zumba, sepeda santai dan penanaman pohon di hutan Dam Sei Harapan. Masyarakat juga bisa mengunjungi booth edukasi ATB dan mengikuti beragam games seru yang berhadiah menarik.

“Iya, ATB-BP Batam Festival Hijau 2019, dikemas lebih seru dan edukatif untuk menarik minat masyarakat berpartisipasi dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan sumber air. Mulai dari kegiatan senam bersama, aneka lomba untuk pelajar, mendongeng, talkshow, gowes sampai penanaman pohon. Semua kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh anggota keluarga”, jelas Maria.

Konservasi lingkungan dan sumber daya air harus menjadi perhatian semua kalangan dan membutuhkan peran aktif masyarakat dalam rangka mencegah serta menanggulangi krisis air bersih yang bisa melanda kapan saja di Kota Batam yang hanya mengandalkan waduk tadah hujan sebagai sumber air baku utama.

Untuk informasi kegiatan dan pendaftaran ATB-BP Batam Festival Hijau 2019, masyarakat bisa menghubungi narahubung acara di nomor 0822-8375-6046, 0821-7272-2127, 0812-7097-8099 dan 0812-704-2973.

Update