Kamis, 18 April 2024

10.272 JCH Embarkasi Batam Tiba di Tanah Suci

Berita Terkait

batampos.co.id – Embarkasi Batam hingga Sabtu (27/7/2019) telah memberangkatkan 10.272 jemaah calon haji (JCH).

Sementara Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) memastikan semua tenda di Padang Arafah dilengkapi AC karena cuaca cukup panas pada musim haji tahun ini.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Informasi Ibadah Haji Embarkasi Batam Syahbudi mengatakan, saat ini gelombang pertama semua sudah berada di Makkah.

Petugas haji juga sedang survei di Mina untuk lokasi mendirikan tenda jelang ibadah puncak nanti.

Ia menyebutkan, sebanyak 28 kloter sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Pemberangkatan JCH masih akan berlanjut hingga kloter terakhir yaitu kloter 29 awal Agustus mendatang.

Saat ini JCH tinggal menunggu pelaksanaan ibadah Arafah, Musdalifah, dan Mina (Armina).

Jemaah Calon Haji (JCH) berswafoto sebelum bertolak ke tanah suci. Embarkasi Batam hingga Sabtu (27/7/2019) telah memberangkatkan 10.272 jemaah calon haji (JCH). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Untuk gelombang kedua sudah mulai diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah mengingat semakin dekatnya waktu pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah,” jelasnya, Sabtu (27/7/2019).

Syahbudi mengungkapkan JCH diminta untuk mengurangi kegiatan yang tidak penting seperti berjalan-jalan atau lainnya. Ia juga mengimbau JCH yang akan berangkat nanti untuk bisa lebih banyak beristirahat menjelang puncak ibadah.

”Lakukan yang penting saja dan rajin minum air putih mengingat cuaca yang cukup panas,” katanya.

“JCH membutuhkan tenaga lebih karena ibadah puncak itu membutuhkan tenaga yang cukup. Kalau bisa ibadah sunnahnya juga dikurangi agar nanti pas puncak bisa menyelesaikan,” terangnya.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah JCH yang meninggal sebanyak dua orang dari Provinsi Riau.

Ia berharap JCH bisa menjalankan ibadah suci dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan selamat.

”Mudah-mudahan hingga kloter terakhir nanti tidak ada kendala dan JCH mendarat dengan baik dan menjalankan ibadah haji,” tutupnya.(yui)

Update