Jumat, 26 April 2024

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah prestasi terus diraih Kabupaten Lingga di sejumlah perlombaan, baik pada tingkat nasional maupun di tingkat provinsi. Kali ini, lomba perpustakaan se-Provinsi Kepri yang ditaja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepu­lauan Riau di Hotel Pelangi, Tanjungpinang, belum lama ini. Lingga berhasil meraih juara perpustakaan tingkat desa/kelurahan. Dimana Kelurahan Pancur, Kabupaten Lingga sebagai pemenang pertama.

Selain itu, pada kategori lainnya utusan dari daerah yang memiliki jargon Bunda Tanah Melayu ini juga meraih prestasi yang cukup membanggakan. Yakni pada kategori lomba siswa bercerita. Kabupaten Lingga mengirim peserta dari SDN 011 Singkep, Muhammad Rafli. Dia meraih juara dua.

Tidak hanya itu, kate­gori lomba perpustakaan tingkat sekolah yang mewakili Kabupaten Lingga yakni perpustakaan SMKN 1 Singkep mendapat juara harapan dua pada ajang yang meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat tersebut.

“Selamat dan sukses. Berkat usaha dan kerja keras serta persiapan yang matang, perwakilan dari Kabupaten Lingga berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan,” kata Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga Muhammad Ali Imran, Jumat (2/8/2019).

Suasana Rumah Baca Impian di Kelurahan Pancur, Kabupaten Lingga yang memperoleh juara 1 dalam ajang Lomba Perpustakaan tingkat Provinsi Kepri 2019.

Ali menambahkan, dengan adanya ajang lomba perpustakaan ini terlebih Kabupaten Lingga yang berhasil mendapat juara, menjadi motivasi bagi siswa dan masyarakat Bunda Tanah Melayu untuk menjadikan perpustakan seba-gai pusat informasi pengetahuan yang bermanfaat dan berujung pada peningkatan SDM masyarakat Lingga.

Menurutnya, pemerintah menjalankan kewajibannya untuk mengembangkan sistem nasional perpustakaan dan menjamin ketersediaan layanan secara merata, sebagai sumber belajar masyarakat. Ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan UU No. 43 tahun 2007.

“Minat baca adalah salah satu kebudayaan yang baik bagi perkembangan suatu daerah,” kata Ali.

Di lokasi yang sama, Lurah Pancur Selfi mengungkapkan rasa bangganya terhadap masyarakat Kelurahan Pancur khususnya, terlebih kepada pengelola perpustakan yang bernama Rumah Baca Impian.

Dia juga mengharapkan kesi nambungan masyarakat untuk terus membaca yang akan menjadikan masyarakat lebih cerdas dan berwawasan luas. (wsa)

Update