Jumat, 29 Maret 2024

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Fokus Normalkan Parit Utama

Berita Terkait

batampos.co.id – Dalam beberapa bulan terakhir, hujan jarang turun di Batam. Hal tersebut dimanfaatkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) untuk melakukan norma-lisasi parit untuk mencegah terjadinya banjir.

Kepala DBM SDA Kota Batam Yumasnur me-ngatakan, normalisasi parit ini dilakukan agar saat hujan, aliran air tetap lancar. ”Dengan ini, kami harapkan pas musim hujan tak terjadi banjir. Maka kami lakukan normalisasi jauh-jauh hari,” kata dia, kemarin.

Ia menerangkan, alat berat milik DBM SDA terus digilir ke seluruh wilayah Batam yang paritnya terjadi pendangkalan. ”Karena walau dinormalisasi, pasti ada terjadi endapan, juga sampah. Ini kami atasi.”

Dua alat berat Dinas Bina Marga melakukan normalisasi drainase Induk
Foto: batampos.co.id / Cecep Mulyana

Prioritas parit yang dinormalisasi yakni parit utama. Menurutnya, jika parit utama lancar, aliran air dari parit sekunder juga akan lancar. Akan tetapi jika keadaan mendesak alat berat juga akan bergerak melakukan normalisasi parit sekunder.

”Sementara, kita pertahankan bentuk paritnya,” tambahnya.

Salah satu lokasi yang kini tengah dinormali-sasi yakni parit utama di Seibeduk tepatnya sepanjang Jalan S Parman. Terlihat satu alat berat jenis long arm dioperasikan di lokasi tersebut.

”Nah, termasuk di Seibeduk ini. Kami rutin normalisasi. Ada juga di dekat bandara,” ungkapnya.

Ia juga meminta kerja sama dari pihak kecamatan dan kelurahan setempat untuk menginformasikan ke pihaknya jika ada parit yang dangkal.

”Tapi alat kami akan gilir, sesuai kemampuan,” pungkasnya. (iza)

Update