batampos.co.id – Satlantas Polresta Barelang akan menilang pengunjung yang berhenti dan parkir di atas Jembatan Barelang. Ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas di sepanjang jembatan yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara tersebut.

Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu mengaku telah melakukan sosialisasi di sepanjang jalan tersebut. Ia berharap kepada semua pengunjung untuk mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas yang sudah ada di sana.

“Kami sudah imbau, dan meminta jangan parkir sembarangan. Apabila tidak diindahkan, kami akan tilang para pengendara,” katanya, Sabtu (3/8).

Putu mengatakan, pihaknya secara berkala akan melakukan patroli rutin, untuk memantau kondisi di Jembatan Barelang. “Kami akan sering patroli ke sana. Dan kalau ada yang kami lihat melanggar akan langsung kami tilang,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Komisi I Tumbur M Sihaloho mendukung upaya hukum yang dilakukan pihak kepolisian tersebut. Menurutnya, sebagai destinasi wisata, Jem-batan Barelang harus bisa dibuat senyaman mungkin untuk wisatawan.

“Jembatan itu adalah ikon Kota Batam. Kita harus membuatnya seindah dan senyaman mungkin. Bagaimana membuat wisatawan merasa nyaman dan akan rindu untuk kembali ke sana. Dan kalau ada razia di sana, maka otomatis, jukir liar di sana tidak ada lagi,” katanya.

Menurut Tumbur, sebagai daerah pariwisata, tilang yang dilakukan pihak kepolisian tersebut bisa memberikan efek jera kepada pengunjung yang parkir sembarangan. Karena biasanya yang parkir di atas jembatan tersebut adalah warga Batam.

“Ini adalah satu upaya memberikan kenyamanan kepada wisatawan di luar Batam. Dan kami minta kepada BP Batam dan Pemko Batam untuk memperhatikan kebersihan di sana. Jadi, semua dilibatkan untuk memajukan pariwisata yang ada di Batam,” tutupnya. (ska)