batampos.co.id – Mulai Jumat (9/8) pagi, jemaah calon haji (JCH) mulai bergerak dari hotel di Makkah menuju Arafah. Mobilisasi jemaah tersebut berlangsung selama tiga gelombang hingga menjelang dini hari. Untuk mencegah kemacetan lalu lintas, armada bus yang digunakan untuk mengangkut jemaah dibatasi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuturkan, jemaah mulai diberangkatkan menuju Arafah pukul 07.00 pagi. Gelombang pertama pemberangkatan ini berlangsung sampai pukul 12.00 siang. Berikutnya pemberangkatan gelombang kedua dilakukan sampai pukul 16.00 sore. Dan terakhir gelombang ketiga dilaksanakan hingga pukul 24.00 dini hari.

Loading...

’’(Perjalanan jemaah menuju Arafah, red) tidak bisa dilakukan serentak. Setiap maktab menyediakan 21 bus,’’ katanya. Lukman menuturkan dalam setiap maktab terdapat sekitar 2.900 jemaah. Seluruh bus tersebut juga tidak bisa berangkat sekaligus, karena keterbatasan tempat parkir di setiap hotel.

Berikutnya jumlah armada bus yang mengantarkan jemaah dari Arafah menuju Mudzalifah dikurangi. Menjadi tujuh sampai sembilan bus setiap maktabnya. Lalu jumlah armada bus dari Mudzalifah menuju Mina berkurang lagi menjadi lima armada saja.

Masjidilharam. Foto: PPIH Arab Saudi/Jawa Pos

Lukman menuturkan ketentuan pengurangan jumlah bus tersebut sudah menjadi ketetapan dari naqabah atau semacam organda Arab Saudi. Menurutnya jika tidak dibatasi bakal terjadi kemacetan perjalanan jemaah.

’’Jika jalan raya dipenhi bus, tidak jalan. Pembatasan ini supaya bus bisa bergerak atau bersirkulasi,’’ tuturnya.

Menurut Lukman jemaah haji selepas maghrib sudah diangkut dari Arafah menuju Mudzalifah. Biasanya jemaah di Arafah sudah terangkut semua menuju Mina menjelang dini hari. Setelah itu jemaah di Mudzalifah diangkut menuju Mina menjelang dini hari. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Mudzalifah mulai bersih sekitar pukul 08.00 pagi di tanggal 10 Dzulhijjah.

Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid menuturkan gelombang pertama jemaah tiba di Arafah diperkirakan pukul 08.00 pagi. Jadi perjalanan dari hotel menuju tenda di Arafah sekitar satu jam. Jemaah tetap mendapatkan katering makan siang ketika berada di Arafah. (*)

Loading...