Jumat, 29 Maret 2024

Batam Didorong Jadi Hutan Kota

Berita Terkait

batampos.co.id – Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) XI di Kota Batam resmi ditutup di Taman Kawasan Wisata Alam Mukakuning, Kamis (8/8/2019).

Salah satu fokus kegiatan ini adalah menjadikan Batam sebagai city forest atau hutan kota yang hijau dan asri.

“Ini akan menjadikan Batam ke depan sebagai tujuan wisata agrowisata dan ekowisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Ardiwinata.

Saat ini, lanjutnya, Batam telah memiliki beberapa destinasi wisata yang berkaitan dengan agrowisata maupun ekowisata.

Seperti, taman buah di Marina, Tebing Langit di Sekupang, Hutan Matakucing dan seba-gainya.

Menurutnya, dengan banyaknya objek wisata hijau dan asri semacam itu, maka pilihan wisatawan semakin beragam untuk menikmati pariwisata di kota ini.

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata (tengah) bersama peserta HKAN XI saat penutupan kegiatan, Kamis (8/8/2019). Foto: disbudpar batam untuk batam pos

”Sehingga wisatawan tidak bosan, misalnya yang suka wisata alam dan petualangan, destinasi yang dituju Batam juga punya,” tutur mantan Kabag Humas Pemko Batam tersebut.

HKAN 2019 ini diikuti 1.100 peserta. Tak lupa, penanaman bakau di sejumlah tempat di Batam jadi salah satu yang dilakukan selama acara ini.

Menurut Ardi, dengan banyaknya peserta yang hadir di acara tersebut, secara otomatis mengenalkan pariwisata Batam sekaligus menambah jumlah kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan Nusantara.

“Dengan banyaknya yang datang, mereka menginap di hotel dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” ujarnya.

Ardi mengaku, sejumlah kegiatan nasional maupun internasional sudah dilaksanakan tahun ini.

Terlebih, saat ini upaya untuk menghidupkan kembali Batam sebagai pusat acara Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE).

“Wali Kota terus mempercantik kota Batam agar menjadi tujuan kegaiatan baik secara nasional dan internasional,” kata dia.

Selain itu, dengan banyaknya kegiatan seperti penanaman pohon ini sekaligus memperbaiki lingkungan di daerah ini.

Dengan begitu, daya tarik wisatawan khususnya dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia semakin nyaman.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini, ke depan kita semua harus menjaga Batam tetap asri, aman dan nyaman demi kebaikan semua,” ujarnya.(yui)

Update