batampos.co.id – Kapal Motor (KM) Sumber Anugerah milik warga Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, nyaris tenggelam setelah diterjang ombak, Kamis (8/8).

Kapal pompong yang mengangkut empat ekor sapi kurban menuju Sedanau tersebut bocor di bagian lambung setelah menabrak karang, tepatnya antara perairan Pulau Laut dan Desa Seluan.

Loading...

Beruntung kapal motor yang juga ditumpangi 14 orang penumpang yang terdiri dari satu nakhoda, tiga ABK, satu warga Seluan, dan sembilan orang penumpang pekerja pipa PDAM Kecamatan Pulau Laut it berhasil diselamatkan warga Pulau Laut dengan menggunakan pompong.

Sagaruddin, staf Kecamatan Pulau Laut, mengatakan bahwa pihaknya langsung menuju ke lokasi kapal pompong naas setelah menerima informasi dari warga, menggunakan kapal dinas Kecamatan Pulau Laut.

Warga Pulau Laut bersama pihak kecamatan ikut membantu evakuasi kapal bocor yang me-ngangkut sapi kurban dari Pulau Laut dengan cara menarik kapal tersebut.

”Lambung pompong pecah dan bocor. Tapi masih bisa ditarik kembali ke Pulau Laut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Natuna Mexianus Bekabel didampingi Kepala Dinas Perhubungan Natuna Iskandar, langsung menurunkan tim penyelamatan korban dengan memberangkatkan KN Sasi Kirana milik SAR Natuna.

Tindakan ini dilakukan setelah mendapatkan informasi dari Camat Bunguran Utara bahwa telah terjadi kecelakaan satu pompong warga di perairan sekitar pukul 12.19 WIB.

Tim Basarnas Natuna yang me-nerjunkan delapan personelnya, dibantu Lanal Ranai dengan mengerahkan KRI Conde, KRI Jol dan KAL Bunguran untuk membantu evakuasi.

”Bersyukur, kecelakaan ini pe-numpang dan pompong cepat dievakuasi. Kami sudah dengan sigap, menerjunkan KN Sasi Kirana dan dibantu KRI dan KAL Lanal Ranai,” ujar Mexianus. Ia mengimbau warga hati-hati saat berlayar. (arn)

Loading...