Jumat, 29 Maret 2024

Jumlah Penumpang Domestik Meningkat

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah penumpang domestik yang tiba di Bandara Hang Nadim pada Juni lalu mengalami peningkatan dibanding Mei. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, jumlahnya mencapai 226.495 penumpang atau meningkat 57 persen dari Mei yang ha-nya 143.823 penumpang.

Tapi jika dibandingkan dengan Juni tahun lalu, justru mengalami penurunan seba-nyak 13 persen, dimana jumlah penumpang mencapai 260.394 penumpang.

Penyebab utama dari kenaikan pada Juni kemarin karena harga tiket pesawat domestik sudah mengalami penyesuaian. Meskipun begitu, dari segi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menampung peningkatan jumlah penumpang, Bandara Hang Nadim masih jauh tertinggal dari segi pembenahan.

Direktur Badan usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso mengatakan, jika dibandingkan dengan bandara lainnya di Indonesia, Hang Nadim memang belum ada pembenahan yang signifikan.

”Di daerah lain, bandaranya sudah berbenah, tapi kita belum. Adapun pembenahan itu seadanya saja,” ucapnya, Sabtu (10/8).

Petugas Asec Bandara Internasional Hang Nadim Batam memeriksa tiket para penumpang saat akan masuk ke dalam ruang check in. Foto: Cecep Mulyanan/batampos.co.id

Adapun saat ini kondisi bandara hanya menampung 5 juta penumpang per tahun. Padahal jumlah penumpang sudah mencapai 6 juta ke atas.

Saat ini, Bandara Hang Na-dim melayani sebanyak 23 penerbangan rutin tujuan domestik dan satu penerba-ngan internasional, dari Batam ke Malaysia. Dari rute tersebut, jumlah penumpang yang datang pada Juni 2019 mencapai 1.253 penumpang atau naik 54 persen dibanding Mei 2019 yang mencapai 947 pe-numpang.

Untuk pengembangan ke depannya, tender untuk mengembangkan Hang Na-dim telah dibuka. Proyeknya antara lain, renovasi terminal 1 bandara, kemudian membangun terminal 2, dan membangun gudang logistik baru. Nilai investasinya diperkirakan mencapai Rp 3,9 triliun.

Untuk prestasi, Bandara Hang Nadim saat ini masih memegang peringkat pertama seba-gai bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia sepanjang 4.025 meter.
Selain menjadi yang terpanjang di Indonesia, landasan pacu Bandara Hang Nadim juga memegang rekor terpanjang kedua di Asia Tenggara, setelah Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. (leo)

Update