Selasa, 23 April 2024

Proyek Fisik di Kota Baru Mencapai 37 Persen

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam terus menggesa penyelesaikan proyek infrastruktur memasuki paruh kedua di tahun ini. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin, Sabtu (10/8).

Ia menyebutkan semua proyek fisik mulai dari jalan, pembangunan dua gedung sekolah baru, revitalisasi sekolah, pembangunan puskesmas, dan proyek lainnya masih berjalan hingga saat ini.

Berdasarkan informasi Juni lalu, Jefridin mengungkapkan, untuk capaian proyek fisik yang dikerjakan pemerintah pusat sudah mencapai 32 persen, proyek provinsi 33 persen, dan Pemko Batam 37 persen.

“Alhamdulillah, pekerjaan berjalan lancar dan proyek kita melebihi capaian nasional dan provinsi itu untuk fisik. Begitu juga dengan keuangannya,” ucap mantan Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam ini.

Pemko Batam berupaya memaksimalkan pengerjaan seluruh proyek yang telah disepakati bersama DPRD Batam. Memasuki triwulan ketiga ini, pengerjaan sudah semakin baik.

Beberapa proyek yang dalam proses tender mulai dikerjakan.

Sejumlah pekerja sedang mengerjakan pengaspalan di jalan.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Pihaknya meminta seluruh dinas terkait untuk mengawasi jalannya proyek fisik ini. Ia berharap semua berjalan sesuai dengan jadwal dan tidak ada asal siap.

“Harus betul diawasi. Itu bangunan kan mau dipakai lama. Jangan sampai baru dibangun sudah rusak,” imbuhnya.

Jefridin juga menegaskan agar dinas memastikan pro-yek berjalan sesuai waktu yang telah disepakati tanpa adanya kendala.

“Pastikan tidak ada keterlambatan penyelesaian. Karena sesuai target seluruh proyek harus sudah selesai 30 November mendatang,” tambahnya.

Selain itu, ia juga meminta pengerjaan tidak asal jadi karena mengejar target penyelesaian. Menurutnya, ada beberapa proyek yang dikerjakan tahun lalu tidak berjalan dengan baik. “Kami ingin dinas terkait benar-benar mengawasi ini. Proyek yang sudah direncanakan harus diselesaikan dengan baik. Proyek besar maupun kecil harus sempurna,” tutupnya.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Kota Batam Werton Panggabean meminta agar Pemko Batam menggesa pembangunan proyek fisik dan harus selesai sebelum Desember. Ia mengatakan, proyek infrastruktur ini memang sangat mendesak untuk kebutuhan masyarakat Batam.

“Jalan dan sekolah itu memang harus digesa. Batam ini jalannya memang harus di-perbaiki untuk pengembangan pariwisata Batam. Sementara pembangunan sekolah harus digesa untuk meminimalisir permasalahan minimnya sekolah dan ruang kelas yang baru seperti yang dipermasalahkan saat PPDB beberapa waktu lalu,” katanya. (yui)

Update