batampos.co.id – Hanggar baru Lion Air di Bandara Hang Nadim diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Selasa (13/8/2019).

Hanggar baru ini juga berfungsi sebagai fasilitas maintenance, repair and overhaul (MRO) pesawat-pesawat milik maskapai berlambang singa tersebut.

Loading...

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan maskapai Lion memiliki total luas lahan 24 hektar, dimana delapan hektar sudah beroperasi.

“Dalam rangka peletakan batu pertama hanggar Lion, Menhub akan meresmikannya. Untuk hanggar baru ini, tidak disebut berapa luasnya,” katanya.

Sejumlah mekanik sedang melakukan pengecekan pesawat Lion Air di Hanggar Lion di Bandara Hang Nadim Batam, bberapa waktu lalu. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Suwarso menyebutkan, hanggar baru milik Lion ini juga melibatkan kerja sama dengan maskapai berplat merah, Garuda.

“Ada kerja sama dengan Garuda dalam membuat fasilitas MRO,” imbuhnya.

Tapi kerja sama ini juga memiliki mekanisme tertentu. Di mana BP Batam meminta agar pesawat Lion yang dirawat di MRO berjenis boeing dan pesawat Garuda berjenis Airbus.

“Biar satu tempat ada dua fungsi, maka kita bagi lagi,” jelasnya.

Dari segi kebutuhan, 80 persen pesawat Lion berjenis Boeing. Sedangkan Garuda memiliki banyak airbus, meski di Batam, Garuda memakai boeing.

“Untuk sekarang, empat hektar saja bisa menampung sembilan pesawat boeing. Kalau beroperasi semuanya bisa sangat banyak,” jelasnya.(leo)

Loading...