batampos.co.id – Sebanyak 33 anggota Pramuka utusan unit pelaksana tugas (UPT) Pemasyarakatan se-Kepri melaksanakan kemah pramuka di lingkungan Lapas Kelas IIA Barelang Kota Batam.

Kemah dalam rangka memperingati hari Pramuka ke- 58 ini berlangsung semalaman mulai Selasa (13/8) sore hingga Rabu (14/8) pagi.

Dalam kegiatan itu peserta juga mengikuti sejumlah perlombaan terkait kepramukaan antar UPT pramuka yang digelar semalaman.

Pemenangan pertama, kedua dan ketiga diberi piala dan piagam penghargaan dari Kepala Kantor Kemenkumham RI wilayah Kepri Zaerozi.

Zaerozi menjelaskan, perkemahan gabungan Pramuka UPT Pemasyarakatan se-Kepri ini merupakan kegiatan perdana untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang kedispilinan kepada para anggota pramuka pemasyarakatan yang ada di Kepri.

Kakanwil Kemenkumah Kepri Zaerozi menyematkan baret ke anggota pramuka UPT Pemasyarakatan se Kepri yang mengikuti kemah bersama di Lapas Kelas IIA Barelang kota Batam. Foto: Eja/batampos.co.id

“Kepramukaan Pemasyarakatan ini pada dasarnya ada di masing-masing Pemasyarakatan,” jelasnya.

“Kali ini kita gabungkan se Kepri biar mereka saling kenal dan kompak dalam membentuk karakter yang lebig disiplin, taat hukum dan inovatif kedepannya,” ujarnya.

Dia berharap masing-masing peserta mampu menempatkan diri sebagai generasi penerus Bangsa yang disiplin dan taat akan hukum kedepannya.

Kalapas Kelas IIA Barelang Kota Batam, Surianto, menambahkan, perkemahan gabungan dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 58 itu akan menjadi agenda rutin.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebab sesama warga binaan dari berbagai lembaga pemasyarakatan yang ada saling berbagai pengalaman dan kemampuan sehingga saling melengkapi satu sama lainnya,” ujarnya.(eja)