Sabtu, 20 April 2024

Pelabuhan Pulau Laut Baru Dibangun Sudah Goyang

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelabuhan perintis di Kecamatan Pulau laut yang baru selesai diba-ngun dipertanyakan kualitasnya. Sebab, pelabuhan yang menelan anggaran puluhan miliar tersebut kondisinya goyang.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar DJ mengatakan, pelabuhan pe-rintis di Pulau Laut yang dibangun Kementerian Perhubungan adalah murni dari APBN dan dibangun bertahap.

Sejauh ini, sambungnya, dari keterangan pihak Kemenhub, pelabuhan tersebut akan diperbaiki karena masih dalam masa perawatan, sehingga masih menjadi tanggung jawab pihak rekanan.

”Informasinya akan diperbaiki perusahaan pihak ketiga. Pelabuhan tersebut juga belum ada serah terimanya, jadi, masih tanggung jawab pihak rekanan, tapi kapan waktunya belum dipastikan,” kata Iskandar, Selasa (13/8).

Seperti diketahui, pelabuhan perintis di Kecamatan Pulau Laut mulai dibangun sejak Bupati Natuna sebelum-nya. Bahkan dengan kondisi pelabuhan yang bergoyang tersebut menjadi perhatian pihak Kejaksaan untuk melakukan penyelidikan.

Pelabuhan perintis Pulau Laut yang dibangun 2018 lalu menelan anggaran sekitar Rp 53 miliar, namun konstruksinya labil dan bergoyang.
foto: batampos.co.id / aulia rahman

Sebelumnya, Kajari Natuna Juli Isnur mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan pembangunan pelabuhan tersebut, karena sudah menerima laporan kondisinya yang bergoyang.

Kasus tersebut masih diproses dan ditangani seksi pidsus Kejari Natuna dengan meminta keterangan sejumlah saksi dari pihak perusahaan pemenang tender, dari 2015 hingga 2018.

”Tahun 2015, proyek pelabuhan perintis itu dikucurkan anggaran dari APBN sekitar Rp 9 miliar, tahun 2017 dilanjutkan pembangunan pemasangan pancang pelabuhan sekitar Rp 5 miliar, dan 2018 sekitar Rp 39 miliar. Na­mun, proses lanjutnya, Kejari Natuna melimpahkannya ke Kejati Kepri, karena merupakan pen­dam­pingan TP4D Kejati Kepri,” bebernya. (arn)

Update