batampos.co.id – Kegiatan Iduladha yang diperingati setiap tanggal 10 Zulhijah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam, sangat lekat dengan hewan kurban. Sehingga umat muslim merayakannya.

Begitupun pula dengan murid-murid dan para guru TK Islam Mentari yang antusias merayakan Iduladha 1440 Hijriah, Selasa (13/8/2019).

Loading...

Kegiatan bertemakan kegiatan “Dengan Ibadah Qurban Kita Tingkatkan Kecintaan kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala dan Membudayakan Izzul (Kemuliaan) Islam” tersebut, terselenggara berkat sumbangan sukarela wali murid. Di mana, dari sumbangan itu didapatkan satu ekor kambing.

“Kurban mengajarkan kita untuk memetik hikmah dari kesabaran Nabi Ibrahim Alaihi Salam,” kata Ketua Komite TK Islam Mentari, Afriani.

Keluarga besar TK Islam Mentari berfoto bersama usai perayaan Iduladha, Selasa (13/8/2019). Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga bisa mempererat tali silaturahmi antar wali murid serta pihak sekolah dan memetik hikmah dari kesabaran Nabi Ibrahim saat diuji oleh Allah SWT.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan tausiah agama yang disampaikan oleh ustazah Suryani.

Dalam tausiahnya, dia menyampaikan bahwa ibadah kurban disyariatkan Allah SWT untuk mengenal sejarah Iduladha yang dialami oleh Nabi Ibrahim.

Di mana, peristiwa kurban diabadikan di dalam QS as-Shaffat, 102-107. Ayat ini mengisahkan Nabi Ibrahim bermimpi mendapat perintah menyembelih putranya, Ismail yang mencapai umur balig.

“Pada saat itu, Ibrahim, bersedia dan dengan ikhlas menyembelih putranya atas perintah Allah SWT. Dengan kuasa-Nya, Allah menggantikan Ismail dengan seekor gibas atau domba, untuk menjadi kurban,” kata ustazah Suryani.

Dia juga menjelaskan bahwa, bagi umat muslim yang memiliki harta lebih, diharuskan menyembelih hewan kurban.

Para orang tua dan siswa TK Islam Mentari berfoto disela-sela acara perayaan Iduladha 1440 hijriah, Selasa (13/8/2019). Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Tausiah singkat tersebut diikuti oleh jajaran yayasan, pengurus sekolah, guru, wali murid, dan murid-murid TK Islam Mentari, dengan sangat antusias.

Pada kesempatan terpisah, kepala TK Islam Mentari Masdalifah Hanum SPd berharap, kegiatan menyambut Iduladha ini bisa diadakan setiap tahunnya.

Pasalnya, selain bentuk rasa cinta kita kepada Allah, juga bisa dijadikan momentum menjaga silaturahmi seluruh keluarga besar sekolah yang beralamatkan di Taman Raya Tahap IV itu.

“Tak lupa kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada wali murid atas partisipasinya terhadap kegiatan sedekah kurban ini, dan juga panitia yang telah bekerja secara sukarela sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Kegiatan tersebut juga diramaikan dengan aksi kreativitas murid, seperti baca surat pendek, hadis, penampilan hadrah.

Usai tausiah, kegiatan ditutup dengan acara makan bersama di halaman TK Islam Mentari.(nto)

Loading...