Kamis, 28 Maret 2024

Genjot Wisman, Disbudpar Kota Batam Jemput Bola ke Malaysia

Berita Terkait

batampos.co.id – Agen perjalanan wisata dan hotel-hotel Batam menjual pariwisata Batam ke Johor Bahru, Malaysia.

Promosi sekaligus penjualan paket wisata ini dilakukan melalui kegiatan “Table Top and Culture Performance Disbudpar Batam”.

Lebih kurang 16 agen perjalanan wisata anggota Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DPD Kepulauan Riau dan 4 anggota Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang ikut dalam kegiatan ini.

Rombongan yang berjumlah hampir 60 orang ini bertolak dari International Ferry Terminal Batam Centre menuju Puteri Harbour Johor, Selasa (12/8).

Kegiatan Table Top and Culture Performance Disbudpar Batam ini digelar di Savanna Hill Resort, Ulu Tiram, Johor Bahru.

Ketua ASITA Kepri, Andika Lim, mengatakan, kegiatan ini adalah hasil kerja sama ASITA dan PHRI serta difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

Salah satu motivasinya, yakni menggaet kembali kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia yang sebelumnya menduduki peringkat kedua kunjungan terbanyak setelah Singapura.

Pelaku pariwisata Batam sebagai penjual bertemu dengan pelaku pariwisata Johor, Malaysia yang merupakan pembeli pada acara Table Top Pariwisata Pemko Batam di Johor Bahru, Rabu (14/8/2019). Foto: Disbudpar Batam untuk batampos.co.id

”Namun mulai April kemarin, posisi kedua tersebut sudah tergeser oleh wisman dari Tiongkok,” jelasnya.

“Jadi dengan diadakannya table top ini, kami berharap Malaysia dapat kembali meningkatkan jumlah kunjungan pelancong mereka ke Kepri, khususnya Batam,” tutur Andika lagi.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata, mengatakan Table Top yang diadakan di Johor ini, sebagai ajang promosi bagi destinasi wisata yang ada di Batam.

”Di ajang ini kita mempertemukan seller (penjual) dari kita dengan buyer (pembeli) Malaysia secara langsung, dengan harapan kerja sama pariwisata antara Batam dan Johor semakin menguat,” kata Ardi.

Kesempatan ini juga dipergunakan sebaik-baiknya oleh pelaku usaha pariwisata Kota Batam untuk menjual pro­duknya ke agen perjalanan wisata di Johor.

“Kami sering ikuti table top, untuk di Johor ini sudah kedua kalinya,” papar Liza, perwakilan Mutiara Paramitha Wisata.

Kegiatan yang sama kata dia pernah diselenggarakan di Singapura juga dan beberapa kali di dalam negeri,” tuturnya lagi.

Pada pertemuan business to business (B2B) ini, pihaknya menawarkan paket terbaru. Yakni, perjalanan wisata ke Kepri Coral di Galang.

Selain Mutiara Paramitha Wisata, terdapat 16 agen perjalanan wisata lain yang ikut kegiatan ini.

Di antaranya Ranoh Island, Nettour, VIP Tour, Best Tour 933, Nusa Indah, Hanita Tour, Prima Tours.

Tak hanya agen wisata, beberapa hotel mewakili PHRI juga berpartisipasi. Antara lain, Pacific Palace Hotel, Swissbel-Hotel Harbour Bay, Harris Resort Batam Waterfront, dan Harris Hotel Batam Centre.(une)

Update