Rabu, 24 April 2024

Pemko Anggarkan Rp 650 Juta untuk Pemasangan Lampu Jalan

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Batam sudah merampungkan pengerjaan sebagian proyek pelebaran jalan yang ada di Batam. Namun demikian, akibat pelebaran ini beberapa tiang penerangan lampu jalan umum (PJU) yang sebelumnya terpasang terkena dampak pelebaran.

Seperti terlihat di sejumlah jalan di antaranya kawasan Tanah Longsor, underpass, Simpang Telkom hingga Irinco Pelita-Kecamatan Lubukbaja hingga kawasan permukiman seperti di jalan Tiban McDermott menuju Tiban BTN, Sekupang.

Kepala DBM-SDA Kota Batam Yumasnur mengatakan, akibat pelebaran beberapa lampu penerangan dibongkar agar pengerjaan berjalan dengan baik. Namun demikian, setelah selesai dikerjakan, lampu akan segera dipasang kembali.

”Beberapa jalan yang sudah selesai tahun lalu juga ada yang belum dipasang kembali lampu jalannya,” kata dia, Rabu (14/8).

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Menurutnya, pemasangan diprioritaskan untuk jalan yang sudah selesai dibangun tahun lalu. Tahun ini, Pemko Batam menyiapkan anggaran Rp 650 juta untuk pengadaan PJU ini.

”Prioritas jalan yang sudah selesai dibangun. Kami menargetkan akhir tahun ini pemasangan sudah selesai dilakukan baru dilanjutkan jalan di permukiman warga, termasuk yang di Tiban McDermott itu,” tambahnya.

Yumasnur meminta warga untuk berhati-hati ketika melewati jalan yang masih minim penerangannya. Kebutuhan PJU termasuk yang prioritas tahun ini. ”Kalau jalan sudah siap pasti tahap selanjutnya meleng-kapi infrastruktur penunjang. Karena untuk keselamatan pengendara juga,” ujarnya.

Berdasarkan data arsip Pemko Batam, saat ini ada 9.423 titik PJU yang terpasang dan tersebar di seluruh jalanan Batam. Beberapa jenis PJU yang terpasang di antaranya single pole setinggi sembilan meter 3.677 titik, single pole setinggi 11 meter sebanyak 3.111 tiang, double pole sembilan meter 169 tiang, double 11 meter sebanyak 1.092 tiang, stang ornamen 235 tiang dan lampu menara enam tiang.

Ia menambahkan untuk tinggi tiang PJU yang akan dipasang tahun ini disesuaikan dengan kebutuhan di masing- masing ruas jalan.

”Ada tipe-tipenya. Nanti melihat kebutuhan di ruas jalan tersebut,” tutupnya. (yui)

Update