Terbentang jarak 8.388 km, kemeriahan perayaan HUT ke-74 RI terasa juga di Makkah. Tepatnya di Hotel Rizq Palace, di kawasan Misfalah, tempat menginap jemaah haji Indonesia. Setelah prosesi potong kue, dilanjutkan dengan lomba balap karung.

Di antara jemaah yang ikut memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia itu adalah Taufik Haryono dari Embarkasi Bekasi. ”Alhamdulillah, kami mendapatkan fasilitas yang baik dari pihak hotel,” tuturnya. Sehingga tetap bisa merasakan meriahnya 17 Agustusan seperti di Tanah Air.

Pemilik Hotel Rizq Palace Bassam Abdulrazzaq ikut menyampaikan selamat HUT ke-74 untuk bangsa Indonesia.

”Tujuan kami memfasilitasi ini supaya memberikan rasa kebahagiaan kepada jemaah haji Indonesia,” tuturnya.

Dia menjelaskan, hotelnya baru terlibat dalam pelayanan akomodasi haji Indonesia sejak tahun lalu.

Bassam menjelaskan meskipun sedang berada di Makkah untuk menjalankan ibadah haji, jemaah perlu merasakan aura kebahagiaan perayaan kemerdekaan Indonesia. Dia berharap jemaah Indonesia bisa merasakan seolah-olah sedang berada di kampung halaman.

Dia juga menuturkan, sudah maksimal memberikan pelaya-nan. Mulai dari menyiapkan gym dan fasilitas tenis meja. Kemudian air zamzam gratis setiap hari. Lalu layanan city tour di dalam kota Makkah.

”Juga ada kajian Alquran dan belajar membaca Alquran di hotel,” tuturnya.

Menag Lepas Kepula-ngan Jemaah Haji

Sementara itu, Sabtu dini hari Menag Lukman Hakim Saifuddin melepas kepulangan kloter JKS-01 menuju Tanah Air di Tawarat Al Misfalah Hotel. Rombongan jemaah asal Bogor itu terbang menuju Indonesia Sabtu pagi pukul 08.15 WAS.

Sesuai ketentuan, delapan jam sebelum jadwal penerbangan, jemaah sudah berangkat dari hotel ke bandara Jeddah. Sepanjang 17 Agustus ada pemulangan 13 kloter jemaah haji Indonesia dari Jeddah.

Di hadapan para jemaah yang akan naik bus, Lukman menyampaikan sejumlah pesan.

”Selaku Amirul Hajj, atas nama seluruh petugas haji Indonesia, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya,” katanya. Sebab Lukman mengakui bahwa pelayanan yang diberikan masih jauh dari sempurna.

Dia berharap jemaah bisa memaklumi. Petugas haji sudah memberikan pelayanan yang maksimal kepada hampir 214 ribu jemaah haji reguler Indonesia. Lukman juga memberikan penjelasan bahwa pelayanan haji diberikan di luar negeri. Dengan kondisi sosial, budaya, tradisi, dan adat istiadat, serta iklim yang berbeda dengan di Tanah Air.

”Kalaulah merasa tidak puas, kami mohon maaf sebesar-besarnya,” jelasnya. Dia berharap kepada jemaah haji Indonesia supaya meninggalkan pengalaman atas kurang maksimalnya pelayanan haji di Arab Saudi. Jangan dibawa sampai ke Tanah Air.

Lalu, Lukman juga berpesan supaya seluruh jemaah Indonesia bersyukur karena bisa berhaji tahun ini. Kemudian juga diberi kesehatan hingga proses pemulangan ke Tanah Air. Dia mengingatkan bahwa orang yang sehat dan banyak uang sekalipun, belum tentu bisa berhaji tahun ini. Sebab ada ketentuan kuota.

Lukman juga berharap jemaah bisa menjaga kemabruran. Baginya ada dua hal untuk bisa menjaga kemabruran. Pertama adalah mensyukuri kesempatan yang diberikan Allah untuk bisa berhaji.

”Kita ini orang pilihan dari Allah,” jelasnya.

Cara kedua menjaga kemab-ruran adalah kualitas ibadah individu maupun sosial. Dia mengatakan, jemaah haji harus bisa menebarkan manfaat kepada sesama. Untuk itu Lukman berpesan supaya sepulang di kampung halaman, jemaah haji bisa mening-katkan kesalehan sosial.

f. Hanni Sofia/antara
Jemaah haji asal Jabar ikut memeriahkan HUT ke-74 RI dengan menggelar lomba balap karung di Makkah, Sabtu (17/8).

Catatan sampai kemarin siang kemarin atau hari ke-42 masa operasional haji, ada 211 jemaah yang wafat. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 194 orang. Pada hari pertama ada satu orang jemaah yang ditanazulkan.

Kepala Daker Makkah Subhan Cholid menuturkan, di hari pertama pemulangan, ada 18 kloter yang berangkat menuju Jeddah. Paling banyak kloter yang menuju Jeddah bisa mencapai 22 kloter setiap harinya. Sepekan ke depan, selain mengatur jemaah yang menuju Jeddah, petugas Daker Makkah juga mengatur jemaah menuju Madinah. ”Nanti tahu-tahu Makkah sudah sepi,” jelasnya.

Ditemui di sela exit meeting di Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah kemarin sore Subhan menuturkan pendorongan 18 kloter menuju Jeddah berlangsung lancar. Bahkan lebih cepat sampai Jeddah dibandingkan sebelumnya. Dia berharap proses pemulangan berjalan lancar sampai jamaah tiba di Tanah Air dan di rumah masing-masing.

Bagi jemaah yang masih di Makkah dan menunggu pemulangan, diharapkan memperhatikan urusan ibadah. Di antaranya adalah pelaksanaan tawaf Ifadah dan sa’i yang menjadi bagian dari rukun haji. Selain itu juga ada kewajiban haji yakni tawaf wada. Jemaah beserta pembimbing diharapkan bisa mengatur waktu sehingga pelaksanaan tawaf Ifadah dan tawah wada tersebut berlangsung lancar.

Subhan juga mengingatkan menjelang kepulangan se-perti ini, jamaah sebaiknya tidak mengunjungi tempat-tempat yang jauh dari hotel. Misalnya untuk berbelanja. Apalagi bagi jemaah yang masih belum terlalu hafal rute untuk kembali ke hotel. Namun, dia bersyukur sampai saat ini tidak ada kasus jemaah terpisah dari rombongan sampai menjelang kepulangan.

Sementara itu Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengapresiasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) atas suksesnya penyelenggaraan haji 1440H/2019 M.

”Saya apresiasi sukses penyelenggaraan haji tahun ini,” terangnya dalam rapat evaluasi awal penyelenggaraan haji di Makkah, kemarin.

Apresiasi juga diberikan Dubes Agus atas pertemuan Lukman dengan Gubernur Makkah yang juga Wakil Ke-tua Komite Tertinggi Penyelenggaraan Haji Khalid Al Feisal bin Abdul Aziz. Pertemuan itu berlangsung di Imarat-Makkah yang berlokasi di Mina, 12 Agustus 2019.

Dubes Agus menjelaskan, Gubernur Makkah adalah penasihat raja, Rais Lajnah Markaziyah (Ketua Komite Haji Pusat) dan Wakil/Naib Lajnat al-Hajj al-Ulya (Wakil Ketua Komite Tertinggi Penye-lenggaraan Haji). Dalam pertemuan kali pertama antara Menag dengan Gubernur Makkah itu, Lukman meminta penambahan daya tampung tenda-tenda dan toilet di Mina bagi jemaah Indonesia. Usulannya, dengan meningkatkan bangunan tenda dan toilet.

Kepada Gubernur Makkah, Lukman juga mengusulkan agar layanan fast track diperluas. Tahun ini, layanan tersebut hanya diberlakukan bagi embarkasi Jakarta. Lukman ingin layanan fast track bisa diterapkan di seluruh embarkasi. Dalam pertemuan itu Lukman tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Mekkah atas peningkatan kualitas layanan kepada jemaah haji Indonesia.

Hasil pertemuan tersebut Gubernur Makkah merespons positif usulan Lukman. Menurutnya, layanan sudah mulai dikembangkan. Dari sebelum-nya hanya Indonesia dan Malaysia, tahun ini diberlakukan juga Pakistan,  Bangladesh, dan India. Terkait pemberlakuan fast track di seluruh embarkasi di Indonesia, masih dikaji karena menyangkut ketersediaan SDM.

Terkait renovasi Mina, Gubernur Makkah mengatakan bahwa saat ini sudah dibentuk Lembaga atau Dewan Khusus proyek Mina dan Arafah. Dewan ini diketuai langsung oleh Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman. (hilmi styawan)