Kamis, 25 April 2024

Warga Batam juga Banyak yang Liburan ke Singapura

Berita Terkait

batampos.co.id – Akhir pekan yang bertepatan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, jumlah kunjungan wisatawan asal Singapura memadati Pelabuhan Sekupang Ferry International (PSFT).

Pengelola PSFT, Jumarly, mengatakan, libur ini sebenarnya tidak terlalu berpenga-ruh, karena di Singapura tidak libur. Namun, jumlah pendatang memang meningkat bila dibandingkan minggu biasanya.

“Mungkin karena mereka ingin menyaksikan perayaaan HUT RI di Batam,” sebutnya, Sabtu (17/8/2019).

Berdasarkan data yang diterima hingga siang ini sedikitnya 1.500 wisman tiba di Batam dan akan menghabiskan waktu liburnya.

Sementara penumpang yang berangkat tidak kalah ramai. Ratusan warga meninggalkan Batam menuju Singapura untuk mengisi waktu liburnya.

“Dari pagi sudah ramai. Rata-rata kapal terisi 75 persen sekali berangkat. Perkiraan mungkin hampir seribuan juga yang berangkat,” sebutnya.

Tidak hanya pelabuhan internasional, kepadatan arus juga terjadi di Pelabuhan Rak-yat (Pelra) Sekupang. Antrean penumpang yang hendak menikmati liburan di Pulau Belakangpadang.

Pantauan di Terminal Feri Internasional Batam Center terlihat normal, Sabtu (17/8). Tidak ada extra trip dari operator kapal.

Turis saat datang ke Batam.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

Ratusan calon penumpang telihat tersebar di lobi terminal pelabuhan. Meski begitu, tak terlihat adanya antrean penumpang seperti minggu lalu.

Manajer Operasional Terminal Feri Internasional Batam Center Nika Astaga mengatakan bahwa kemarin arus penumpang sudah kembali normal. Baik untuk penumpang di keberangkatan dan kedatangan.

“Arus penumpang sudah normal lagi. Penumpang berkisar 5.000-7.000an. Tak ada penambahan extra trip kapal,” ujar Nika.

Menurut dia, lonjakan penumpang terjadi dari Senin hingga Kamis (12-15/8). Dari data, tercatat pada Senin lalu penumpang hampir 17 ribu orang.

“Kalau sekarang sudah berangsur kurang,” katanya.

Meski begitu, menurutnya, momen liburan masih dimanfaatkan sejumlah warga Batam untuk berlibur ke Singapura. Keberangkatan penumpang dari Batam pun sudah terlihat sejak Jumat sore.

“Yang berangkat karena akhir pekan memang ada. Memanfaatkan libur 17 Agustus,” jelas Nika. (she/yui)

Update