batampos.co.id – Dua kelompok terbang (kloter) jemaah haji Debarkasi Batam tiba di Tanah Air, Minggu (18/8). Mereka terdiri dari kloter 1 yang merupakan jemaah asal Kepri dan kloter 2 asal Riau.

Jemaah kloter pertama tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, pada pukul 11.47 WIB. Di bandara, para tamu Allah itu disambut Plt Gubernur Kepri, Isdianto, bersama sejumlah pejabat lainnya. Dari bandara, jemaah haji kloter pertama yang terdiri dari jemaah asal Batam, Natuna, Lingga, dan Anambas itu langsung dibawa ke Asrama Haji Batam di Batam Center.

Sesampai di aula kedatangan haji, para jemaah disuguhi kopi dan teh hangat lengkap dengan aneka kue tradisional khas Kepri. Mereka terlihat menikmati hidangan tersebut sambil berbagi cerita dan pengalaman selama beribadah di Tanah Suci.

Sementara jemaah di kloter dua tidak singgah ke Asrama Haji Batam. Setelah tiba di Hang Na­dim pada pukul 20.15 WIB tadi ma­lam, mereka melanjutkan pe­nerbangan ke Pekanbaru, Riau.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Kabid Informasi dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi, mengatakan pihaknya sengaja menyediakan teh hangat dan kue tradisional untuk menyambut kedatangan para jemaah haji. Hal ini dilakukan untuk mengobati rasa rindu akan kuliner khas Nusantara bagi para jemaah setelah sekitar 40 hari berada di Arab Saudi.

Sekretaris PPIH Debarkasi Haji Batam, Afrizal mengucapkan selamat datang kepada jemaah para jemaah. Ia menyebut, Kloter BTH 01 merupakan jemaah haji asal Provinsi Kepulauan Riau yang di dalamnya merupakan gabungan jemaah asal Kota Batam 256 orang, Kabupaten Natuna 111 orang, Lingga 45 orang, Kabupaten Anambas 31 orang, dan ditambah dengan petugas kloter lima orang.

Sementara Ketua Kloter 01 BTH Ali Hasan Hasibuan melaporkan, saat berangkat Kloter Batam 01 berjumlah 448 orang. Namun salah satu jemaah asal Anambas, Satar bin Muhammad Mahmud, wafat saat berada di Tanah Suci. (rng)