batampos.co.id – 6.800 peserta dan 115 kendaraan hias menyemarakkan pawai pembangunan dan budaya dalam rangka Peringatan HUT ke-74 RI yang digelar Minggu (18/82019).

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) melepas langsung pawai tersebut.

Rute pawai dimulai dari Dataran Engku Hamidah, Jalan Raja Haji Fisabilillah, Batam Center.

Peserta pawai berasal dari berbagai unsur dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam, paguyuban, organisasi masyarakat, komunitas, serta pelajar.

Untuk kendaraan hias yang mengikuti pawai pembangunan melintasi jalur terowongan Pelita menuju jalan depan Nagoya Hill ke arah Planet Holiday Hotel, bundaran depan Hotel Pacific, kemudian belok kanan melewati Jalan Yos Sudarso Batuampar, dan finis kembali di dataran Engku Hamidah.

Kendaraan hias begitu beragam dari replika ikon Kota Batam hingga kapal laut. Sedangkan pawai budaya mulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Simpang Madani, Batam Center.

Pawai pembangunan yang digelar Pemerintah Kota Batam di Jalan Raja Haji Fisabilillah Batam Center, Minggu (18/8/2019). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Ragam pakaian daerah dipakai oleh para peserta. Juga ada pakaian karnaval serta disemarakkan atraksi barongsai, kuda lumping, ondel-ondel, jaranan, silat, reog dan lain-lain.

”Kami ingin sampaikan bahwa pembangunan Batam semakin bagus. Dan Batam ini adalah daerah yang beragam, ini harus tetap dijaga,” kata koordinator pawai, Azman.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pawai kebudayaan dan pawai pembangunan ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian peringatan HUT ke-74 RI tingkat Kota Batam.

“Cukup meriah, ramai. Masyarakat antusias, baik peserta maupun penonton, sama-sama kita saksikan hampir dua jam lebih,” kata Rudi.

Tahun depan, ia berjanji peringatan serupa akan digelar lebih meriah. Karena, Dataran Engku Hamidah ini akan ditata sehingga lebih sempurna.

Kendaraan hias menyemarakkan pawai pembangunan yang digelar Pemerintah Kota Batam di Jalan Raja Haji Fisabilillah Batam Center, Minggu (18/8/2019). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Mudah-mudahan bulan November lampu sudah terpasang. Tanaman sudah akan rimbun. Sehingga tidak sepanas seperti sore ini (kemarin). Artinya, tahun depan dataran ini lebih sempurna,” ucap dia.

Menurut dia, pembangunan akan berjalan terus. Terutama infrastruktur jalan utama. Tujuannya, supaya masyarakat nyaman, dan orang asing yang datang juga semakin ramai.

“Kemarin jumlah wisatawan mancanegara banyak sekali. Jumat, Sabtu, Minggu kemarin hotel penuh. Mereka senang, kita ada rasa bangga. Kalau boleh kunjungan wisman kita melebihi target,” pungkasnya.(iza)