batampos.co.id – Gerakan menghadap laut yang dilakukan serentak pada Minggu (18/8) lalu, juga dilaksanakan di Lanal Ranai. Gerakan ini diikuti jajaran Lanal Ranai, taruna SMK Kelautan warga dan WNA. Kegiatan ini sekali-gus upaya melakukan bersih-bersih pantai.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan mengatakan, kegiatan menghadap ke laut merupakan gerakan bersih pantai dan laut dan sudah menjadi program tahunan yang dilakukan sejak tahun 2002 lalu.

”Gerakan menghadap laut ini adalah aksi rencana nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut. Pandu Laut Nusantara menjadikan agenda ini sebagai bagian penting dari aksi melestarikan laut Indonesia,” kata Danlanal.

F. AULIA RAHMAN/batam pos
Anggota Lanal Ranai bersama instansi terkait dan masyarakat melakukan gerakan menghadap laut 74 di Pantai Sepasir belakang Mess Tjiptadi Lanal Ranai, Minggu (18/8).

Danlanal juga mengimbau, agar gerakan menghadap laut mendapat dukungan dari seluruh kalangan masyarakat. Dengan tidak membuang sampah ke laut dan kurangi penggunaan plastik sekali pakai. Karena laut milik bangsa, yang harus menjaga bukan hanya pemerintah atau pandu laut saja, namun semua pihak.

”Sampah plastik sekali pakai salah satu persoalan terbesar di lautan nusantara karena mengancam lebih dari 800 spesies biota laut, termasuk terumbu karang pantai belakang Mess Tjiptadi Lanal Ranai ini,” ujarnya. (arn)