batampos.co.id – Berbicara tentang outfit, beberapa hal seperti jin, kaos, dan kemeja adalah fashion item yang dipastikan ada dalam lemari pakaian.

Busana tersebut selalu in sepanjang masa. Namun dibalik itu, nyatanya masih ada busana yang tak kalah eksis yakni jaket.

Kehadirannya dinilai tepat sebagai pelindung dari panas hingga dinginnya cuaca.
Pengamat fashion Batam, Silfi, mengatakan, bagi wanita, jaket bukan hanya sebagai pelindung melainkan juga penunjang gaya.

”Untuk itu, mereka (wanita) pasti akan memilih jaket yang sesuai pada tubuhnya, sehingga hadir beragam jaket yang umum untuk kalangan wanita, yang bahkan tidak memperdulikan kondisi cuaca saat mengenakannya,” terang Silfi.

Dari survei Batam Pos yang dilakukan ke beberapa wanita, 90 persennya menyatakan jaket jin wajib dimiliki.

Jaket berbahan denim nan modis itu memang tidak terbatas untuk digunakan kapan saja.

Ayunia mengenakan jaket berbahan denim untuk menunjang outfit dress pendek yang ia kenakan. Foto: Welly Hendra/batam pos

”Cocok untuk dipakai dalam berbagai aktivitas, dan menambah kualitas gaya dari yang biasa menjadi fashionista,” ujar mahasiswi Uniba pengguna jaket jin, Wanna.

Lain dari jaket jin, ada jaket kulit yang jadi idola wanita selanjutnya. Model-modelnya yang ciamik, menonjolkan sisi wanita yang penuh gaya.

Berteman dengan midi skirt, celana pendek, celana panjang, bahkan dress, jaket kulit adalah pilihan paling pas untuk tampilan yang lebih keren.

Selanjutnya, ada coat. Coat diartikan sebagai jaket panjang hingga 3/4 mata kaki. Biasa-nya, jaket ini dikenal untuk daerah bermusim dingin, namun kini juga laris manis di daerah tropis.

”Kan coat juga banyak jenisnya yang bisa dibedakan dari bahan, mau yang tebal atau tipis,” ujarnya.

“Saya pribadi senang dengan trench coat untuk kegiatan lebih formal, dan duster coat untuk penampilan kasual,” ungkap wanita lainnya, Gina Wira, seorang teller bank swasta yang gemar dengan coat.

Selain itu, wanita 24 tahun ini mengaku jenis kedua coat favoritnya itupun tak sulit didapatkan di pasaran Indonesia.

”Banyak di sini dan harganya juga relatif terjangkau. Bahkan coat yang dari luar pun mudah didapat di pasar seken,” ucapnya.

Terakhir, ada jaket bomber yang juga masuk sebagai jaket idola kalangan wanita. Desain bomber yang terkesan menggelembung itu, dianggap sebagai pasangan serasi dengan celana legging atau skinny jeans yang ngetren sebagai gaya keseharian model Amerika Serikat, Gigi Hadid.(nji)