batampos.co.id – Tahun ini dua pulau yang berada di kawasan hiterland Kota Batam, yakni Pulau Jalo dan Subang Mas akan mendapat fasilitas air bersih.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Batam, Suhar, mengatakan, kebutuhan waduk di pulau cukup banyak.

Setiap tahun pihaknya meminta bantuan dari pusat untuk membangun sarana dan prasarana air bersih di pulau.

“Tahun ini ada dua pulau yang kami tingkatkan infrastruktur air bersihnya, pertama Pulau Jalo dan kedua Subang Mas,” jelasnya, Rabu (21/8/2019).

Kata dia, di Pulau Jalo pihaknya akan melakukan pembangunan infrastruktur untuk air bersih. Sementara di Subang Mas, dilakukan peningkatan sarana.

Kata dia, anggaran pembangunan dan peningkatan fasilitas air bersih tersebut diperoleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Ilustrasi air bersih. Foto: JawaPos

Menurutnya saat ini kebutuhan infrastruktur di pulau masih banyak. Setiap musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan selalu ada permintaan pembangunan infrastruktur pengolahan air bersih.

“Inilah yang kami upayakan setiap tahunnya,” kata dia.

“Sekarang masih banyak masyarakat pulau yang membeli air bersih untuk memenuhi kehidupan mereka dan kalau bisa hingga 2021 mendatang pelayan bisa lebih baik,” harap Suhar.

Setelah infrastruktur ada, pihaknya masih berharap Dam yang telah dibangun bisa dimanfaatkan dengan baik. Meskipun saat ini masih bergantung dari air hujan.

“Ke depan kami lagi upayakan SWRO berskala rendah dan nanti air laut bisa dimanfaatkan menjadi air minum langsung,” paparnya.

“Mudah-mudahan bisa disetujui pusat, kalau sekarang kan hanya bergantung dari air waduk saja,” terangnya.

Dijelaskannya, pemenuhan kebutuhan air bersih di pulau akan dilakukan bertahap. Saat ini masih ada 23 persen lagi masyarakat pulau yang harus dipenuhi kebutuhan air bersihnya.

“Sekarang kan sudah ada balai khusus yang mengurusi ini dari kementerian dan kemarin kami sudah sampaikan persoalan air di Batam,” jelasnya.

“Rencananya mereka mau bantu bangun tahun depan di pulau juga,” kata dia lagi.(she)