batampos.co.id – Ricky Bintang Perdana,16, salah satu putera terbaik Kota Batam yang berhasil lolos mewakili Kota Batam untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) 2019 tingkat Provinsi Kepulauan Riau, di Tanjung Pinang, pada Sabtu (17/8/2019) lalu.

Bintang sapaannya, merupakan siswa kelas XI IPA di SMAN 1, Sekupang. Bintang merupakan anak pertama dari Kanit Reskrim Polsek Batuaji, Iptu Melki Sihombing.

Saat ditanyai batampos.co.id, ia menceritakan pengalamannya hingga menjadi salah satu siswa yang lolos menjadi Paskibra tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

“Awalnya saya memang minat dalam hal baris berbaris dan mengikuti ekskul Paskibra lalu bercita-cita sebagai salah satu bagian dari tim Paskibra,” katanya, Senin (19/8/2019).

Dengan usaha kerasnya, akhirnya Bintang mendapatkan kesempatan menjadi Paskibra mewakili Kota Batam untuk tingkat Provinsi Kepri.

Kata dia, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui sehingga terpilih menjadi Paskibra tingkat provinsi.

Bintang mengatakan, calon Paskibra diambil dari seluruh SMAN se Kota Batam dan diikuti 52 peserta.

Dari hasil seleksi terpilih delapan orang menjadi Paskibra tingkat Kota Batam dan dirinya lolos menjadi Paskibra tingkat Provinsi Kepri.

Ricky Bintang Perdana (kanan) berfoto bersama sang Ayah, Iptu Melki Sihombing sesaat setelah menjalankan tugas sebagai Paskibra di Ibukota Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang. Foto: Dokumentasi Melki Sihombing untuk batampos.co.id

“Seleksinya sangat ketat, dari SMAN 1 saja peserta mencapai 52 peserta, bersyukur menjadi salah satu yang mewakilkan Provinsi,” ujar remaja kelahiran Pekanbaru tersebut.

Bintang, yang juga hobi bermusik itu menceritakan, ia dan rekan-rekannya di karantina selama 21 hari di Pemko Batam.

Selama proses seleksi lanjutnya, para peserta benar-benar ditempa secara mental dan fisik.

“Intinya kami para peserta Paskibra benar-benar dididik secara fisik dan mental. Saya bangga karena terpilih (mewakili Batam di tingkat Provinsi) dan bisa bertemu teman-teman dari daerah lain,” katanya.

Bintang mengatakan, setelah lulus SMA, akan mengikuti tes ke Akademi Kepolisian (Akpol).

Iptu Melki Sihombing, ayah Bintang memberikan sedikit tips bagaimana mendidik putranya tersebut sehingga terpilih menjadi salah satu anggota Paskibra tingkat Provinsi Kepri.

“Pengawasan bukan dalam artian dikekang, pahami minat sang anak ‌dan yang penting harus disupport, jaga ‌sopan santun, dan attitude ketika diluar,” ujarnya.

Disela-sela kesibukannya, personel kepolisian itu menyempatkan diri untuk mengajarkan anaknya dasar baris berbaris.

“Sebab sebagai orang tua kita harus bisa pahami minat sang anak,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Batam, M Chaidir, sangat bangga dengan prestasi yang diperoleh salah satu siswanya tersebut.

Sebelumnya kata dia, salah satu siswanya terpilih menjadi Paskibraka.

“Untuk tingkat Nasional tahun ini diwakilkan oleh siswa dari Tanjung Batu, tapi saya tetap banggga salah satu siswa bisa tembus ke tingkat Provinsi,” terangnya.

Chaidir berharap, Ricky Bintang bisa menjadi panutan untuk adik-adik kelasnya dalam bidang Paskibra.(cr1)