batampos.co.id – Erdi Steven Manurung diangkat sebagai ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) Kota Batam periode 2019-2024, Kamis (22/8/2019).

Erdi Steven Manurung, mengatakan, ISAA sudah terbentuk sejak 2001 lalu. Organisasi tersebut kata dia, merupakan wadah bagi seluruh agen kapal di Indonesia.

Kata dia, dengan kepemimpinannya akan ada beberapa langkah awal sebagai gebrakan awal. Salah satunya mengusahakan mempermudah masalah perizinan.

“Dengan kehadiran ISAA DPC Batam ini, bisa menjadi wadah para keagenan kapal di seluruh Batam dan mampu membantu memecahkan setiap permasalahan yang sering ditemui oleh para perusahaan agen kapan di Batam,” jelasnya.

Selian itu lanjutnya, ISAA DPC Batam bisa menjembatani agen kapal ke seluruh instansi terkait dan pemerintahan.

Meski baru dilantik, ISAA DPC Batam saat ini telah bekerja sama dengan 50 lebih perusahaan agen kapan di Kota Batam.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ISAA, Kuswandi Kristanto, berharap agar para pengurus ISAA DPC Batam dapat bekerja secara maksimal.

Serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk para mitra yang telah bergabung.

Dewan Pimpinan Cabang Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) Kota Batam berfoto bersama setelah dilantik oleh Ketua DPP ISAA, Kuswandi Kristanto. Foto: Angga/batampos.co.id

“Dengan melihat ke negara tetangga yaitu Singapura, ISAA DPC Batam harus bekerja secara profesional agar bisa go internasional,” jelasnya.

Kata dia, untuk mewujudkan hal tersebut, ia meminta ketua dan para pengurus ISAA Cabang Batam berperan aktif dan bisa bersinergi dengan instansi terkait dan Pemko Batam.

“Jika kita selalu memberikan pelayanan yang terbaik, bukan tidak mungkin kita mampu bersaing dengan keagenan kapal luar negeri,” jelasnya.

“Serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan di Kota Batam,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Effendi, menyambut baik terbentuknya ISAA Kota Batam.

Ia berharap ISAA mampu berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian Kota Batam.

“Batam merupakan kota industri, tentunya sangat membutuhkan keagenan kapal yang bisa diandalkan dan mampu memberikan pelayanan yang profesional,” paparnya.

Rustam juga mengajak ISAA untuk bekerja sama dan menjalin keharmonisan dengan instansi terkait.

Kasubdit Humas BP Batam, Yudi Haripurdaya, mengatakan, dengan terbentuknya ISAA DPC Batam merupakan langkah yang tepat.

Karena Batam merupakan tempat yang strategis dalam mengembangkan perekonomian industri kemaritiman dan Batam dikenal dengan industri shipyard.

“Dengan mempermudah perizinan yang diberikan dan memaksimalkan perkembangan teknologi di Kota Batam serta memanfaat SDM yang handal dan berpengalaman, pasti bisa memberikan daya tarik bagi para investor untuk masuk ke kota Batam,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dipilih Wakil Ketua ISAA DPC Batam Hendri Tjahyono dan Rostina sebagai Bendahara.(gga)