Jumat, 19 April 2024

2 Tim SMKN I Batam Lolos Seleknas Kompetisi Asean Skill Competition XII

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam keluar sebagai juara satu dan dua pada seleksi nasional (seleknas) calon kompetitor Asean Skill Competition (ASC) XII tahun 2019.

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) itu dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (19/8) hingga Kamis (22/8) di SMKN I Batam.

Dua tim yang membawahi bidang CNC Maintenance ini, akan mengikuti pelatihan dan seleksi selanjutnya untuk mewakili Indonesia di ASC XII yang akan berlangsung di Singapura pada 2020 mendatang.

“Alhamdulilah, empat anak kami (dua tim) keluar sebagai juara dalam seleknas ini. Mereka lolos untuk tahap selanjutnya,” ujar Kepala SMKN I Batam Lea Lindrawijaya, Kamis (23/8/2019).

Kata dia, seleknas digelar serentak di 10 lokasi. Yakni BBPLK Bekasi, BBPLK Bandung, BBPLK Semarang, BBPLK Serang, Hotel Horison Ultima Bekasi, Puspita Martha Beauty International School Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Akademi dan Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) Karawang, sdan SMKN 1 Batam.

Selain dua tim untuk bidang CNC Mainatance, dua tim lain yang membawahi bidang Industrial Automation dan Mekatronika yang ikut seleknas di Bekasi juga masuk sebagai juara pertama untuk kedua bidang tersebut.

“Yang di Bekasi juga lolos, semoga mereka bisa mengharumkan nama Indonesia nantinya,” ujar Lea.

Staff ahli bidang ekonomi dan SDM Kemenaker, Aris Wahyudi, menyerahkan piagam penghargaan kepada tim yang lolos seleknas Asean Skill Competition (ASC) XII tahun 2019. Foto: Eja/batampos.co.id

Ketua Panitia pelaksana Seleknas bidang CNC Maintenance di Batam, Arnov Tri Hartanto, mengatakan, dua tim SMKN I yang lolos seleksi nantinya akan mengikuti serangkaian pelatihan dan seleksi lanjutan.

Di antaranya pelatihan character building dan bahasa Inggris. Pemusatan pelatihan kata dia dilaksanakan pada Oktober 2019 hingga Juli 2020.

Kemudian dilanjutkan dengan seleksi akhir untuk mendapakan satu tim terbaik untuk mewakili Indonesia.

“Ini baru permulaan, nanti dua tim ini akan digodok lagi untuk cari yang terbaik lagi,” katanya.

Staff ahli bidang ekonomi dan SDM Kemenaker, Aris Wahyudi, mengatakan, ASC XIII ini merupakan ajang untuk mengasah bakat dan minat pelajar SMK,  untuk lebih matang dan inovatif menghadapi tantangan dunia kerja kedepannya.

Kegiatan ini juga sejalan dengan program pengembangan SDM yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita berharap agar Pemerintah Daerah juga mendukung penuh kegiatan-kegiatan seperti ini sehingga kemampuan, bakat dan minat anak-anak kita benar-benar dipersiapkan,” harap Aris.

Untuk seleknas di Batam peserta yang bersaing di antaranya, SMKN I Batam, Politeknik Batam dan Yayasan Batam Skill Quality Batam.

Hasilnya, juara tim Zulfi Huda dan Ego Tri Kurniawan (SMKN I Batam) dengan nilai 98.00, juara dua tim Rizki Saputera dan Muhammar Taufiq (SMKN I Batam) dengan nilai 90.00 dan juara tiga tim Dwi Anggara Putera dab Maris Putra Pertama (Poltek Batam) dengan nilai 85.25.(eja)

Update