batampos.co.id – Satu bulan menuju peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Pemko Batam menggesa pelebaran ruas Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, tepat di depan masjid tersebut.

”Kita gesa karena 20 September mendatang masjid diresmikan. Apalagi akses jalan tersebut merupakan sarana menuju area masjid, termasuk kemudahan parkir bagi pengunjung,” ujar Yumasnur, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kota Batam, Rabu (21/8).

Ia menambahkan, untuk kontrak proyek pelebaran jalan tersebut sampai Desember mendatang. ”Artinya akses jalan lagi kita gesa pengerjaannya sampai benar-benar rampung secepatnya,” ujarnya.

Pemko Batam mengebut pelebaran Jalan di depan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

Sebelumnya, pihak Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang menargetkan tanggal 30 Agustus ini keseluruhan proyek pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah telah rampung.

”Sebelum peresmian, maka pada akhir bulan ini sudah selesai semua, termasuk pelebaran jalan di depan masjid yang dikerjakan oleh Dinas PU (DBM-SDA),” Kata Suhar, Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang.

Meskipun pengerjaan sudah hampir rampung, pihaknya sudah mengajukan anggaran perawatan masjid di pembahasan anggaran belanja dan pendapatan perubahan (APBD-P) tahun ini.

“Sudah kami usulkan biaya perawatan dan kebersihan sementara masjid. Jumlahnya tidak terlalu banyak tahun depan rencananya akan diusulkan kembali,” pungkasnya. (azz)