batampos.co.id – Kebakaran lahan dan hutan kerap terjadi di Batam. Belakangan ini kebakaran terlihat dibeberapa lokasi seperti di Bukit Daeng, Mukakuning maupun daerah Batamcenter. Mengingat kondisi cuaca Batam yang cukup panas, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam, Suratman mengimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara dibakar dan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi cuaca saat ini juga membuat lingkungan sekitar kita menjadi kering sehingga berpotensi terjadinya kebakaran lahan/hutan.

“Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat turut menjaga lingkungan dari terjadinya kebakaran lahan atau hutan antara lain tidak membakar sampah sembarangan tanpa pengawasan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (25/8/2019).

Dia memperkirakan kondisi panas ini akan berlangsung hingga pertengahan September. Hanya saja tetap ada potensi hujan tetapi sifatnya lokal saja/tidak merata dan intensitasnya ringan.

“Seperti hari ini kan hujan sebentar,” katanya.

Sementara BMGK merilis perkiraan cuaca pada hari ini Senin (27/8/2019). Secara umum kondisi cuaca akan cerah berawan, namun juga berpotensi terjadi hukan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Hal itu karena kelembabapan udara yang cukup rendah dilapisan atas wilayah Kepri. Hal itu menyebabkan berkurangnya jumlah massa udara yang mebuat potensi pertumbuhan awan-awan konvesktif menjadi berkurang,” jelasnya. (yui)