Jumat, 19 April 2024

PNS Instansi Pusat Pilih Pensiun Dini Daripada Dipindahkan ke Kalimantan Timur

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

batampos.co.id – Ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) instansi pusat waswas. Mereka takut masuk dalam daftar list PNS yang akan dipindahkan ke ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur.

Salah seorang PNS mengaku memilih pensiun dini daripada harus pindah ke Kalimantan Timur.

“Aduh, jangan sampai pindah deh, bagaimana dengan keluarga kami. Anak-anak sudah sekolah di sini, masa mau dipindahkan lagi,” kata salah satu PNS yang juga pejabat struktural dan berkantor di bilangan Sudirman kepada JPNN.com (grup batampos.co.id), Senin (26/7/2019).

PNS yang enggan nama disebutkan itu mengatakan, bila rencana pindah ibu kota dilaksanakan, akan banyak pegawai yang minta pensiun dini.

Ilustrasi PNS. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Sebab, lebih menguntungkan minta pensiun dini daripada pindah ke Kalimantan.

“Kalau pindah Kalimantan otomatis mulai dari nol lagi. Rumah kami sudah di sini, kalau harus menetap di Kalimantan mendingan pensiun dini saja,” ujarnya.

Akan adanya gelombang pensiun dini sudah terbaca oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Permintaan pensiun dini akan terjadi bila PNS pusat dipindahkan ke Kalimantan.

“Iya itu kemungkinan besar terjadi makanya kami sangat hati-hati menerapkan kebijakan ini,” ujar Bima.

Salah satunya dengan tidak memindahkan seluruh PNS pusat ke Kalimantan. PNS yang dipilih adalah pemegang jabatan struktural. PNS yang berhubungan dengan layanan publik tetap ditempatkan di Jakarta.(jpnn)

Update