batampos.co.id – Yang dialami Anne McClain ini akan menjadi preseden hukum perdana di jagat raya. Astronot Amerika Serikat (AS) itu dituding mantan pasangan hidupnya, Summer Worden, telah melakukan pencurian identitas. McClain mengakses rekening Worden di luar angkasa ketika ditugaskan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kantor Inspektorat Jenderal NASA kini tengah menyelidiki kasus itu. Penyelidik NASA sudah berbicara dengan keduanya.

Jika McClain terbukti bersalah, itu merupakan kejahatan pertama yang dilakukan di luar angkasa. Belum diketahui dakwaan dan ancaman hukuman apa yang bakal menjerat McClain nanti.

”Dia (McClain, red) dengan tegas membantah bahwa dirinya melakukan sesuatu yang tidak sepantasnya,” ujar Rusty Hardin, pengacara McClain, seperti dikutip BBC. Dia menambahkan bahwa McClain sangat kooperatif dengan seluruh proses investigasi yang sedang berlangsung.

ASTRONOT asal Amerika, Anne McClain, dituding membobol rekening mantan pasangan hidupnya dari luar angkasa.
F. thenypost.com

Worden merupakan mantan pejabat intelijen pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS). Dia curiga rekeningnya telah diakses perempuan yang dulu pernah dicintainya itu.

Worden langsung menghubungi bank untuk meminta detail lokasi login rekeningnya. Dari situ diketahui bahwa komputer yang digunakan untuk mengakses rekeningnya terdaftar atas nama NASA. Tanggal aksesnya bertepatan dengan waktu McClain bertugas di ISS.

Dengan kata lain, dia mengakses rekening mantan teman hidupnya dari luar angkasa. (sha/c10/sof)